PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS LEARNING TERHADAP SOSIO-EMOSIONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA NU HASYIM AY’ARI 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Umi Latifah, Umi Latifah (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS LEARNING TERHADAP SOSIO-EMOSIONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA NU HASYIM AY’ARI 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Bagian Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (479kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (795kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (868kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (912kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (567kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode student teams learning pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus tahun ajaran 2016/2017, (2) Untuk mengetahui sosio-emosional siswa kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus tahun ajaran 2016/2017, dan (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode student teams learning terhadap sosio-emosional siswa kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus tahun ajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research, Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi. Adapun responden adalah kelas XI di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus dengan sampel 44 siswa. Adapun uji validitas memperoleh hasil dari 20 item pernyataan 14 item valid dan 6 item tidak valid untuk variabel X, sedangkan 35 item pernyataan menjadi 27 item pernyataan yang dinyatakan valid dan 8 item tidak valid untuk variabel Y. Alat uji reabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dan memperoleh hasil variabel X atau metode student teams learning sebesar 0,876 lebih besar dari 0,60 dan variabel Y atau sosio-emosional sebesar 0,957 lebih besar dari 0,60. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Penerapan metode student teams learning dalam mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus tahun ajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik. Hasil dari analisa menunjukkan nilai rata-rata (mean) sebesar 45,113 yang masuk dalam interval 43 - 48. (2) Sosio-emosional siswa kelas XI di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus tahun ajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik. Hasil dari analisa menunjukkan nilai rata-rata (mean) sebesar 84,909 yang masuk dalam interval 78 - 90. (3) Terdapat pengaruh penerapan metode student teams learning terhadap sosio-emosional siswa XI pada mata pelajaran akidah akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus tahun ajaran 2016/2017, ini terbukti dari hasil analisa data diketahui bahwa rhitung diperoleh sebesar 0,716 termasuk dalam interval 0,60 - 0,799 yang berarti tingkat pengaruhnya “kuat”. Hasil rhitung kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,716 > 0,297 > 0,384). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa nilai Freg sebesar 44,172 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai Ftabel diperoleh harga Ftabel 5% adalah 4,073. Jadi 44,172 > 4,073, berarti terdapat pengaruh signifikan. Nilai hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 51,26%, sedangkan sisanya 100% - 51,26% = 48,74% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Student Teams Learning; Sosio-Emosional Siswa; Akidah Akhlak.
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2017 03:20
Last Modified: 23 Jul 2017 03:20
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item