SISTEM PENGAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN AL HUSNA NGEMPLAK PELEMKEREP MAYONG JEPARA

Tuhudi, Tuhudi (2017) SISTEM PENGAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK USIA DINI DI PONDOK PESANTREN AL HUSNA NGEMPLAK PELEMKEREP MAYONG JEPARA. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar al-Qur’an dimulai dari membaca, menghafal, dan memahami. Belajar al-Qur’an dapat diterapkan kepada anak-anak sedini mungkin melalui pondok pesantren. Di masyarakat banyak kita temukan pondok pesantren baik yang masih menggunakan manajemen tradisional, maupun yang sudah sistematis pengajarannya. Salah satu pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Al-Husna Ngemplak Pelemkerep Mayong Jepara sudah menerapkan sistem pengajaran yang sistematis sehingga anak-anak usia dini dapat dengan mudah membaca dan menghafal al-Qur’an. Untuk itulah penulis tertarik meneliti di pondok pesantren tersebut. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah sistem pengajaran menghafal al-Qur’an pada Pondok Pesantren Al Husna Ngemplak Pelemkerep Mayong Jepara ? dan (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat pengajaran menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Husna ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu peneliti mengamati secara langsung objek yang diteliti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reabilitas data penelitian ini menggunakan: (1) ketekunan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) kecukupan referensi. Teknik analisa data diperoleh melalui analisa data lapangan model Miles and Huberman yang meliputi: data reduction, data display, and verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sistem pengajaran menghafal Al-Qur’an pada Pondok Pesantren Al-Husna Ngemplak Pelemkerep Mayong Jepara sangat sistematis yang meliputi: kurikulum, tahfid al-Qur’an, pimpinan dan pengurus pondok pesantren, para ustaz ustazah yang 100% hafidz al-Qur’an, sarana-prasarana, pembiayaan, metode, evaluasi yang berkelanjutan, santri yang disiplin dan selalu konsisten (2) faktor pendukung pengajaran menghafal al-Qur’an di pondok pesantren adalah dari faktor intern dan ekstern. Faktor intern meliputi minat santri dan dukungan dari keluarga. Faktor ekstern meliputi tempat yang nyaman, budaya masyarakat yang agamis, teman-teman yang baik, serta dukungan dari pemerintah. Adapun faktor penghambatnya secara intern adalah: malas, lupa, nakal, dan kurang termotivasi. Adapun penghambat secara ekstern meliputi sarana kesehatan yang kurang memadai, kekurangan ustaz, dan metode mengajar yang monoton. Learning the Qur'an, good reading, memorizing, understanding should start at the earliest possible Many found a boarding school raised by a kiai without a system and using traditional management, but the cottage is still survive in the midst of the swift currents of globalization that can affect The existence of the boarding school, this does not happen in Ponpes Al-Husna, the system of teaching memorization is applied systematically in Ponpes Al-Husna so that many small children who can memorize easily, by looking at the phenomenon, Researchers are interested to research more at Pondok The pesantren. This study aims to determine: (1) How the teaching system to memorize Al-Qur'an at Pondok Pesantren Al Husna Ngemplak Pelemkerep Mayong Jepara ? (2) What are the supporting factors and obstacles to teaching the Qur'an in the pesantren? The type of this research is field research, that is researcher directly observe the object which examined. This research is qualitative research. The data source of this research is primary data source and secondary data source. The data collection techniques used are: Observation, Interview, and Documentation. While to test the validity and reliability of this research data using: (1) Persistence of observation, (2) Triangulation, and (3) Reference sufficiency. Data analysis techniques obtained through field data analysis Miles and Huberman model that includes: DataReduction, Data Display, and Verification. The results of this study indicate that: (1) The teaching system to memorize Al-Qur'an at Pondok Pesantren Al Husna Ngemplak Pelemkerep Mayong Jepara include: Curriculum, human resources 100% hafidz Al-Qur'an, disciples and always consistent disciples, methods and Continuous evaluation, (2) the factors supporting the teaching of memorizing the Qur'an in pesantren are from internal factors including the interest of santri, the support of the family, the comfortable place, the religious community culture, the good friends, and the support from the government , While the obstacles are: Lazy, the santri get skin diseases, often forget, lack of ustadz, monotonous teaching methods, child mischief.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sistem pengajaran; menghafal al-qur’an; anak usia dini
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Aug 2017 02:12
Last Modified: 04 Aug 2017 02:15
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item