IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN SISA DAN BAHAN ALAM DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI PADA AREA SENI DI RA MIFTAHUL ULUM HONGGOSOCO JEKULO KUDUS

Ulfah, Nida (2017) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN SISA DAN BAHAN ALAM DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI PADA AREA SENI DI RA MIFTAHUL ULUM HONGGOSOCO JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (874kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (896kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (996kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (915kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (870kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (866kB)

Abstract

Peneliti mengambil judul tersebut dengan alasan karena banyaknya bahan sisa dan bahan alam yang begitu banyak akan tetapi tidak begitu banyak digunakan dalam pembelajaran di RA, sedangkan setiap pembelajaran diharapkan menggunakan media. Media tidak harus beli, maka dari itu pendidik diharapkan kreatif dalam menggali dan inovatif dalam menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian dengan melakukan penerapan antara penggunaan media bahan sisa dan bahan alam dengan motorik halus pada Area Seni. Adapun rumusan masalahnya yaitu pertama bagaimana penggunaan media bahan sisa dan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada Area Seni di RA Miftahul Ulum Honggosoco Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi penggunaan media bahan sisa dan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada area seni di RA Miftahul Ulum Honggosoco Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, dan yang ketiga dampak implementasi penggunaan media bahan sisa dan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada area seni di RA Miftahul Ulum Honggosoco Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dibutuhkan penulis antara lain : kepala sekolah, pendidik kelas B1, jadwal KBM, PROTA, PROMES, RKM, RKH, dan hasil karya peserta didik. Setelah semua data terkumpul, maka selanjutnya data dianalisis. Berdasarkan hasil pelitian, pendidik menggunakan media bahan sisa dan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus di Area Seni dengan kegiatan-kegiatan. Kegiatannya bermacam-macam dan bervariasi, mulai menggunting, menempel, melipat, mengikat, dan lain-lain. Faktor pendukungnya yaitu karena melimpahnya bahan sisa dan bahan alam di lingkungan sekitar dan juga sangat ekonomis. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran dalam memanfaatkan penggunaan bahan sisa dan bahan alam dalam pembelajaran, keamanannya yang harus diperhatikan, serta kretivitas pendidik yang lebih ditingkatkan lagi. Dampak implementasi penggunaannyapun sudah berkembang baik, sehingga anak dapat melakukan kegiatan motorik halus menggunakan media bahan sisa dan bahan alam dengan menyenangkan. Jadi, kesimpulannya adalah bahwa implementasi penggunaan media bahan sisa dan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada Area Seni dalam pelaksanaannya pendidik diharapkan kreatif dan inovatif menggunakan bahan sekitar sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Bahan Sisa Dan Bahan Alam; Motorik Halus Pada Area Seni
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Guru Raudlathul Athfal
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2017 03:03
Last Modified: 26 Sep 2017 03:03
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1675

Actions (login required)

View Item View Item