ANALISIS GROUP PROCESSES APPROACH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS DI MTS NU NURUL HUDA KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018)

Chulyati, Channah (2017) ANALISIS GROUP PROCESSES APPROACH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS (STUDI KASUS DI MTS NU NURUL HUDA KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (559kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (390kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan group processes approach dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus, untuk mengetahui pelaksanaan group processes approach dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus, untuk mengetahui hasil pelaksanaan group processes approach dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Group Processes Approach dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut, Pertama, Dalam perencanaan pelaksanaan group processes approach dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus guru telah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Di bawah ini termasuk persiapan-persiapan yang perlu diperhatikan oleh guru adalah kondisi kelas, kondisi siswa, pengaturan pembagian kelompok, dan pemilihan materi ajar. Kedua, Dalam menerapkan pendekatan proses kelompok, guru harus mampu menciptakan kelompok belajar yang efektif dan produktif. Oleh karena itu, adanya model pembelajaran yang berorientasi pada kelompok akan menunjang penerapan pendekatan proses kelompok, contohnya adalah model pembelajaran kooperatif. Group processes approach dapat dilakukan dengan “Diskusi Panel Siswa”. Selain Diskusi Panel, group processes approach ini juga dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw learning, Mind Maping dan STAD (student teams achievement divisions). Ketiga, pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda dapat memberi hasil sebagai berikut, seperti kemampuan akademis yang meningkat, sikap sosial seperti tolong menolong dan lebih mengenal teman sebaya dapat terwujud, meningkatnya rasa kepercayaan diri dalam diri siswa, membangun moral kelompok yang tergabung dalam satu wadah kerja sama, membangun sifat-sifat kepemimpinan, siswa menjadi lebih aktif mengemukakan pendapatnya. Keempat, faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan group processes approach dalam pelaksanaan manajemen kelas di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus adalah faktor pendukung antara lain: faktor guru, faktor siswa, dan adanya faktor dukungan dari komite sekolah,. Faktor penghambat antara lain: faktor guru, faktor siswa, faktor alokasi waktu, dan materi ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Group Processes Approach; Manajemen Kelas
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Oct 2017 02:22
Last Modified: 04 Oct 2017 02:22
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item