EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 8 MADRASAH TSANAWIYAH MA’AHID KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Fauzi, Hasan (2017) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS 8 MADRASAH TSANAWIYAH MA’AHID KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
cover.pdf

Download (765kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (5MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Efektifitas penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 8 Madrasah TsanawiyahMa’ahid Kudus tahun ajaran 2016/2017.” Madrasah TsanawiyahMa’ahidadalahsalahsatu madrasah yang mengajarkan bahasa Arab. Peneliti mengetahui bahwa pembelajaran bahasa Arab disana, khususnya belajar membaca, belum mencapai tingkat yang diharapkan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan tujuan-tujuan pembelajaran, yang mana tujuan belajar membaca adalah memahami isi dari teks. Hal inilah yang membuat murid kesulitan dalam belajar membaca. Salah satu metode yang bagus dalam pengajaran membaca menurut peneliti adalah metode Struktural Analitik Sintetik. Metode ini melatih siswa memahami kalimat secara utuh, menggali dari bahasa siswa, dan memahami makna dari suatu teks yang dibaca. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen sangat penting sebagai metode yang dibuat untuk mengetahui hasil dari kenyataan sebab dan akibat. Pada kesempatan ini, peneliti bermaksud mengetahui tingkat kemampuan membaca siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Ma’ahid dengan menggunakan metode structural analitik sintetik, dengan membandingkan kelas control dan kelas eksperimen. Dari penelitian ini, diperoleh hasil hitung dari nilai 〖 t〗_0 adalah 4,087 kemudian dibandingkan dengan t_tabel untuk taraf signifikansi 1% 2,648 dan 5% 1,994, maka diketahui t_0 lebih besar disbanding t_tabel. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara siswa yang menggunakan metode structural analitik sintetik dengan siwa yang tidak menggunakannya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode structural analitik sintetik lebih tinggi disbanding siswa yang tidak menggunakan metode struktural analitik sintetik. Dengan demikian, diketahui bahwa penggunaan metode structural analitik sintetik efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Struktural Analitik Sintetik; Maharoh Qiro’ah
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:10
Last Modified: 05 Oct 2017 08:10
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item