PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODE PERMAINAN KATA BERJAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syaekhoni, Wildan (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODE PERMAINAN KATA BERJAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode permainan kata berjajar dalam pembelajaran bahasa arab, kelebihan dan kekurangan strateginya, serta efektifitasnya untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dan adapun pendekatan penelitiannya yaitu pendekatan kualitatif. Dan sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisis data dalam penelitian ini juga ada tiga yaitu metode data reduction, data display, dan conclusion drawing. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan strategi ini mengembangkan potensi siswa, membuat mereka belajar dengan menyenangkan dan memperhatikan pengajaran bahasa Arab lebih dari sebelumnya, maka penerapan strategi ini dianggap baik. Dan strategi ini dianggap efektif dalam merealisasikan pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan membaca dengan bukti rata-rata kesimpulan belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca yaitu 85,3 yang telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran bahasa Arabyang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 76. Sedangkan kelebihan strategi ini adalah memotivasi siswa untuk berinteraksi dan berkomukasi secara menyenangkan, meningkatkan kesungguhan belajar dan kekuatan memori mereka, menghilangkan rutinitas yang membosankan, dan melatih menggunakan bahasa Arab. Kekurangannya adalah kegaduhan siswa di kelas dan tidak adanya fokus pada materi karena terlalu bersenang-senang, dan strategi ini membutuhkan banyak waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif; Metode Permainan Kata Berjajar; Keterampilan Membaca
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Oct 2017 08:35
Last Modified: 05 Oct 2017 08:35
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item