PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018

Lutfianasari, Dina (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (767kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw di MAN 1 Kudus, digunakan untuk mengatasi permasalahan atau kendala agar peserta didik tidak merasa bosan ketika belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 01 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 01 Kudus tahun ajaran 2017/2018. Dan untuk mengetahui solusi untuk mengatasi adanya faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Kudus tahun ajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dalam proses pembelajaran SKI di kelas XI MAN 1 Kudus adalah efektif, hal ini dibuktikan dengan semakin tertariknya peserta didik dalam pembelajaran dan peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran SKI. Pembelajaran koopertif tipe quick on the draw dilaksanakan melalui 8 (delapan) langkah yaitu Pertama, guru menyiapkan tumpukan kartu soal. Kedua, guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Ketiga, guru memberi tiap kelompok bahan materi yang sudah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Keempat, guru menyampaikan aturan permainan. Kelima, guru kemudian membahas semua pertanyaan. Keenam, guru bersama peserta didik membuat kesimpulan. Ketujuh, guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang menang. Kedelapan, guru memberikan kuis di akhir pembelajaran. Faktor pendukung penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dalam proses pembelajaran SKI di MAN 1 Kudus dibagi menjadi dua yakni dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal) yang meliputi: a) adanya kesadaran siswa dan keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran SKI. b) Adanya komunikasi antar guru dengan siswa yang baik.c) adanya kerjasama dalam belajar untuk menuntaskan materi pelajaran SKI. d) berbagai macam motivasi yang mendorong peserta didik untuk tetap semangat dalam belajar. e) didukung oleh fasilitas dari sekolah yang lengkap.. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagai berikut: a) Sulit untuk memantau aktivitas peserta didik dalam kelompok. b) Tingkat perhatian dan konsentrasi peserta didik. c) alokasi waktu pembelajaran SKI yang terbatas. Solusi untuk mengatasi faktor penghambat antara lain: a) guru diharapkan mampu menguasai kelas dengan baik sehingga bisa mengkondisikan dan memantau aktivitas siswa dalam kelompok, b) untuk memancing perhatian siswa agar tetap konsentrasi dalam belajar maka guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa.c) untuk mengatasi terbatasnya alokasi waktu dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw maka dalam pembelajaran SKI guru tidak selalu menerapkan metode tersebut tetapi guru menggunkan metode yang lain seperti ceramah, resistasi, demonstrasi, tanya jawab dan power point.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Kooperatif; Quick On The Draw
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2017 03:44
Last Modified: 09 Oct 2017 03:44
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item