PENGARUH PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU SALAFIYAH KENDUREN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fitriyana, Dina (2017) PENGARUH PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU SALAFIYAH KENDUREN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1-. COVER.pdf

Download (330kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengembangan materi pembelajaran, kesiapan belajar, dan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak (2) untuk mengetahui pengaruh pengembangan materi pembelajaran terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak (3) untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak (4) untuk mengetahui pengaruh pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar secara simultan terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA NU Salafiyah Kenduren Wedung Demak yakni pada ruang lingkup kelas X. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 39 peserta didik, karena populasi kurang dari 100 maka semuanya diambil untuk dijadikan responden. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana, regresi dan korelasi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar masing-masing dalam kategori baik yaitu sebesar 79,39 dan 70,08 serta kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 33,26. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan materi pembelajaran dengan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih, dengan model Ŷ = 21,353 + 0,150 X1, hubungan keduanya positif dan signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapanan belajar dengan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqh, dengan model Ŷ = 21,040 + 0,175X2, hubungan keduanya positif dan signifikan 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar secara simultan terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqh, dengan model Ŷ = 5,246 + 0,172 X1 + 0,205X2, dan hubungan pengembangan materi pembelajaran dan kesiapan belajar secara simultan dengan kemampuan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran fiqih adalah positif & signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan materi pembelajaran; kesiapan belajar; kemampuan psikomotorik
Subjects: Fiqih > Fiqih dan berbagai faham/mazhab
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2017 06:57
Last Modified: 09 Oct 2017 06:57
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item