PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTS NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS

MUSTAQIM, M ZAENAL (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT FACILLITATOR AND EXPLAINING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTS NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (314kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (183kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (215kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)

Abstract

Metode pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran inovatif, misalnya metode pembelajaran student facilitator and explaining. metode pembelajaran student facilitator and explaining adalah suatu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan ide atau pendapatnya kepada peserta didik lainnya. Dengan pembelajaran metode student facilitator and explaining siswa relatif bebas bersikap dan berfikir, siswa relatif bebas memilih perilaku yang dapat diterima oleh teman-temannya, siswa bebas menguji kemampuan pola berfikirnya dengan pola berfikir teman-temannya. Dengan pola bebas berfikir yang dimiliki itu maka diharapkan anak-anak dapat lebih aktif dalam berinteraksi, sehingga dapat mempermudah mudah mereka dalam belajar dengan memeahami materi yang sedang diajarkan oleh gurunya. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penggunaan metode student facilitator and explaining pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui seberapa besar pemahaman materi peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2017/2018 (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode student facilitator and explaining terhadap pemahaman materi siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan suatu penyelidikan atau penelitian dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini bersifat asosiatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan dua atau lebih variable penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Penerapan metode Student Facillitator and Explaining pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus tahun ajaran 2017/2018 dalam kategori baik, yakni rata-rata = 81,94 pada interval 91-78 (2) Pemahaman materi peserta didik pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MTs NU Nurul Ulum jekulo kudus tahun pelajaran 2017/2018 dalam kategori baik, yakni rata- rata 72 pada interval 74 – 67 (3) Adapun pengaruh penerapan metode student facillitator and explaining (x) terhadap pemahaman materi al- quran hadits peserta didik (y) sebesar 37 %. Sedangkan sisa sebesar 63% merupakan variabel lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Student Facillitator and Explaining; Pemahaman Materi Peserta Didik; Mata Pelajaran Qur’an Hadits
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:03
Last Modified: 11 Oct 2017 03:03
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item