PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT AL-ISLAM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nailirrochah, Nailirrochah (2017) PENGEMBANGAN SOFT SKILLS PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT AL-ISLAM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.compressed.pdf

Download (352kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.compressed.pdf

Download (108kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.compressed.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (944kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (954kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep soft skills menurut SDIT Al-Islam Kudus, (2) Perencanaan pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik, (3) Pelaksanaan pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik, (4) Pihak yang terkait dalam pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik, (5) Nilai yang dikembangkan dalam pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik, (6) Arah pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi kredibilitas, transferabilitas, dependebilitas, serta konfirmabilitas. Kemudian data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik di SDIT Al-Islam Kudus menggunakan konsep keteladanan. (2) Perencanaan pengembangan soft skills pendidik belum disusun dengan baik dan untuk peserta didik sudah disusun dengan baik. (3) Pelaksanaan pengembangan soft skills pendidik dilakukan melalui KKG, One Day One Juz, Usbu’ Ruhi, Tarbiyah, dan untuk peserta didik dilakukan di dalam dan di luar pembelajaran (4) Pihak yang terkait dalam pengembangan soft skills pendidik adalah yayasan, kepala sekolah, pendidik, seorang ahli, dan untuk peserta didik adalah pendidik, peserta didik, karyawan, komite. (5) Nilai yang dikembangkan untuk pendidik adalah disiplin, jujur, komitmen, kerjasama, dan untuk peserta didik adalah 18 nilai karakter dalam pembelajaran, ditambah nilai disiplin, peduli lingkungan, cinta kebersihan, dan peduli sosial dalam Program Bank Sampah. (6) Arah pengembangan soft skills pendidik dan peserta didik adalah untuk membentuk pribadi yang berkarakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Soft Skills; dan Pendidikan Karakter
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:39
Last Modified: 13 Oct 2017 03:39
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item