PENERAPKANVARIASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS SAROJA NU UNDAANKIDULDEMAK

Sa’adah, Ulfatus (2017) PENERAPKANVARIASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS SAROJA NU UNDAANKIDULDEMAK. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
Cover.pdf

Download (919kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (762kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (609kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan variasi media pembelajaran pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Demak tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan di MTs SAROJA NU dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, penerapan variasi media pembelajaran pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs SAROJA NU, wawancara terhadap instansi terkait dalam penggunaan variasi media pembelajaran dan dokumentasi berupa RPP.Metode analisis menggunakan metode yang dikembangkan dokumentasi dan diskusi dengan tiga langkah yaitu reduksi data berupa guru mempersiapkan siswa dalam menerima pembelajaran dengan menggunakan media yang bervariatif. Karena setiap individu siswa memiliki tipe belajar yang berbeda-beda.Selanjutnya saat pembelajaran dimulai, guru mulai menerapkan variasi media pembelajaran, yaitu dengan cara selang-seling atau bergantian, seperti saat guru hendak menerangkan materi, siswa diminta membaca LKS sebentar kemudian ditayangkan film, lalu siswa diminta bertanya perihal materi atau film yang masih belum difahami, setelah itu menggunakan media kartu diskusi untuk melanjutkan pembelajaran tersebut. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung, guru juga melihat dan menilai responserta timbal balik yang diberikan oleh siswa saat belajar dengan menggunakan media yang bervaratif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) implementasi dari variasi media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Demak tahun pelajaran 2016/2017. Dengan penerapan variasi media pembelajarandapat memadukan tipe belajar anak yang berbeda-beda, seperti tipe belajar visual, auditif dan kinestetik, serta memicu keaktifan siswa dan minat untuk belajar, lalu dapat meminimalisir rasa jenuh serta kebosanan pada anak, dan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa serta siswa dapat mencapai prestasi yang lebih baik. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan variasi media pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs SAROJA NU Undaan Kidul Demak tahun pelajaran 2016/2017. Faktor pendukungnya meliputi adanya keterampilan dan kreatifitas guru dalam memilih, mengusahakan serta menggunakan media pembelajaran, antusiasme serta motivasi siswa dalam menerima pembelajaran, serta tersedianya sarana pembelajaran seperti LCD Proyektor.sedangkan faktor pnghambatnya meliputi masih adanya guru yang belum bisa memanfaatkan media pembelajaran, kemampuan daya serap siswa yang berbeda-beda, serta masih kurangnya kuantitas media penunjang lainnya terlebih LCD Proyektor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapanvariasi media pembelajaran; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 13 Oct 2017 08:27
Last Modified: 13 Oct 2017 08:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item