IMPLEMENTASI TEKNIK COLLABORATE WRITING (MENULIS KOLABORASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUL ULAMA’ BANAT KUDUS TAHUN AJARAN 2017 2018 (STUDI QUASI EKSPERIMEN)

Failashufa, Failashufa (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK COLLABORATE WRITING (MENULIS KOLABORASI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUL ULAMA’ BANAT KUDUS TAHUN AJARAN 2017 2018 (STUDI QUASI EKSPERIMEN). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.compressed.pdf

Download (409kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.compressed.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.compressed.pdf

Download (144kB)
[img] Text
4. BAB I.compressed.pdf

Download (177kB)
[img] Text
5. BAB II.compressed.pdf

Download (282kB)
[img] Text
6. BAB III.compressed.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. BAB IV.compressed.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. BAB V.compressed.pdf

Download (153kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.compressed.pdf

Download (159kB)

Abstract

Bahasa Arab dalam bidang pendidikan harus bertujuan mengajarkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan bahasa secara efektif. Bahasa Arab memuat empat keterampilan dasar yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan menulis berada pada posisi yang sangat penting sebagai dasar komunikasi, sehingga pendidik memerlukan metode khusus dalam mengajarkan kamampuan secara efektif. Maka peneliti menerapkan teknik Collaborate Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik di MTs. NU Banat Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Kemudian bertujuan untuk mengetahui proses implementasi teknik Collaborate Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Kemudian juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teknik Collaborate Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs. NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalu metode wawancara, observasi, dokumetasi, tes dan angket. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji T.test. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa peningkatan keterampilan menulis siswa dalam kelas eksperimen dalam proses eksperimental penggunaan teknik Collaborate Writing dalam pembelajaran bahasa Arab menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada hasil jumlah siswa pada kelas kontrol, dengan hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan menulis peserta didik di kelas kontrol dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 7,338 > 1,995 dengan tingkat signifikan 5% dan 2,650 dengan tingkat signifikan 1%. (2) Kemampuan menulis peserta didik pada kelas eksperimen thitung lebih besar dari ttabel yaitu 9,5238 > 1,995 dengan tingkat signifikan 5% dan 2,650 dengan tingkat signifikan 1%. (3) Berdasarkan analisis kuantitatif hasil pencarian, "Ada pengaruh dalam menggunakan teknik Collaborate Writing untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam pengajaran bahasa Arab di MTs. NU Banat Kudus" dapat diterima, jadi Ha diterima Ho ditolak. Nilai thitung dalam kelas eksperimen jauh dari ttabel taraf signifikan 5%, dan nilai thitung pada kelas kontrol dekat dengan ttabel taraf signifikan 5%. Peningkatan keterampilan menulis di kelas eksperimen lebih besar daripada peningkatan keterampilan menulis di kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi, teknik collaborate, writing, dan kemampuan menulis.
Subjects: Bahasa
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Oct 2017 02:59
Last Modified: 25 Oct 2017 02:59
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item