PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER, UMUR PERUSAHAAN, SKALA USAHA DAN PELATIHAN AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA BMT DI WILAYAH EKS KARESIDENAN PATI)

RAHMAN, AULIA (2016) PENGARUH PENDIDIKAN MANAJER, UMUR PERUSAHAAN, SKALA USAHA DAN PELATIHAN AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA BMT DI WILAYAH EKS KARESIDENAN PATI). Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meskipun BMT memiliki potensi untuk berkembang, namun mengembangkan usaha keuangan mikro bukanlah hal yang mudah. Selain modal dan akses pasar yang dapat menyulitkan BMT untuk berkembang, banyak BMT tidak memiliki pembukuan yang sistematis, akibatnya tidak ada pemilihan tegas antara uang pribadi dan uang lembaga. Informasi akuntansi bisa dikatakan berpengaruh dan berperan terhadap kinerja usaha, karena dari informasi akuntansi bisa dijadikan alat dalam pengambilan keputusan dan sangat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana struktur modal dan berapa keuntungan yang diperoleh perusahaan tersebut dalam satu periode tertentu. Dalam hal ini tingkat pendidikan manajer, umur perusahaan, skala usaha dan pelatihan akuntansi sangat dibutuhkan dalam penggunaan informasi akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris pengaruh pendidikan manajer, umur perusahaan, skala usaha, pelatihan akuntansi syariah terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada BMT di Wilayah Eks Karesidenan Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner. Terdapat empat variabel independen dalam penelitian ini yaitu pendidikan manajer, umur perusahaan, skala usaha dan pelatihan akuntansi Syariah. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah penggunaan sistem informasi akuntansi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh BMT baik kantor pusat maupun kantor cabang yang ada di wilayah Eks Karesidenan Pati yang berjumlah 161 BMT, sampel 114 responden, dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, pendidikan manajer berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi berdasarkan koefisien total effect sebesar 0,12 dan signifikan. Kedua, umur perusahaan berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi berdasarkan koefisien total effect sebesar 0,19 dan signifikan. Ketiga, skala usaha berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi berdasarkan koefisien total effect sebesar 0,20 dan signifikan. Keempat, pelatihan akuntansi Syariah berpengaruh terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi berdasarkan koefisien total effect sebesar 0,35 dan signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Manajer; Umur Perusahaan; Skala Usaha; Pelatihan Akuntansi Syariah; Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi.
Subjects: Sosial
Sosial > Ilmu Ekonomi
Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Divisions: Pasca Sarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 03:15
Last Modified: 04 Dec 2016 03:15
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item