METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB MANHAJUT TARBIYATIL ISLAMIYAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD QUTHUB

Anwar, Khoirul (2017) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KITAB MANHAJUT TARBIYATIL ISLAMIYAH KARYA SYAIKH MUHAMMAD QUTHUB. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (557kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (673kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Rumusan pendidikan Islam merupakan wacana yang telah lama dikembangkan dalam dunia Islam dari zaman dulu hingga saat ini. Baik oleh para ulama fiqih, ulama tafsir, dan tokoh Islam lainnya yang berusaha mengembangkan konsep pendidikan yang sesuai dengan ajaran Islam. Sesuai dengan perkembangan zaman, maka konsep pendidikan Islam yang dahulu terus dikembangkan untuk menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi saat ini. Tugas dari pendidikan Islam adalah membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dari tahap ke tahap kehidupannya sampai mencapai titik yang optimal. Maka untuk mencapai titik yang optimal, pendidikan Islam membutuhkan metode yang tepat untuk menghantarkan kegiatan pendidikannya ke arah tujuan yang diinginkan. Bagaimanapun baik dan sempurnanya suatu kurikulum pendidikan Islam, tidak akan berarti apa-apa, manakala tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam mentransformasikan pelajaran kepada peserta didik. Ketidaktepatan dalam menerapkan metode secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat membuang waktu dan tenaga secara percuma. Maka dari itu, perlu menerapkan konsep metode pendidikan Islam dalam setiap pembelajaran. Penulisan skripsi ini sepenuhnya dihasilkan dari studi pustaka karena jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dalam prakteknya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sehingga menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data berupa kata, kalimat, paragraf, dan teks. Berdasarkan pemahaman makna keseluruhan dilakukan penafsiran dan pengkategorian data yang terkandung dalam kitab Manhajut Tarbiyatil Islamiyah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan triangulasi. Serta analisis data menggunakan metode analisis isi, interpretasi data, dan komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab Manhajut Tarbiyatil Islamiyah terdapat 8 macam metode pendidikan islam, yaitu pendidikan melalui teladan, pendidikan melalui nasehat, pendidikan melalui hukuman, pendidikan melalui cerita, pendidikan melalui kebiasaan, menyalurkan kekuatan, mengisi kekosongan, dan pendidikan melalui peristiwa. Jika analisis, konsep metode pendidikan islam menurut Syaikh Muhammad Quthub tersebut masih sangat relevan dengan konsep pendidikan Islam dewasa ini dan masih digunakan sampai sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan Islam; Manhajut Tarbiyatil Islamiyah; dan Muhammad Quthub.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:42
Last Modified: 02 Nov 2017 01:42
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item