ANALISIS GURU DALAM PENGEMBANGAN MATERI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM(SKI) DI MTS MANSYAUL ULUM SUKOHARJO WEDARIJAKSA PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rosyidah, Ummi (2016) ANALISIS GURU DALAM PENGEMBANGAN MATERI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM(SKI) DI MTS MANSYAUL ULUM SUKOHARJO WEDARIJAKSA PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat fenomena kegiatan pengembangan materi pada mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui upaya guru dalam pengembangan materi pada mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati (2) mengetahui alasan diperlukan adanya pengembangan materi pada mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati (3) mengetahui langkah-langkah pengembangan materi pada mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah “field research” atau riset lapangan. Riset lapangan adalah melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden atau narasumber, dengan sumber data primer, kepala Madrasah MTs MansyaulUlum, waka kurikulum, guru mata pelajaran SKI, peserta didik dan pengamatan langsung pengembanganmateripada mata pelajaran SKI di MTs MansyaulUlum. Sumber data sekunder dengan data literatur buku-buku kepustakaan, arsip-arsip tentang sejarah kelembagaan, personalia, struktur organisasi, keadaan guru, data siswa, sarana-prasarana, dan laporan hasil pengembanganmateripadamatapelajaran SKI di MTs MansyaulUlumSukoharjoWedarijaksaPati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya pengembangan materi pada mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati disesuaikan dengan kondisi lingkungan serta kondisi peserta didik. 2) Pengembangan materi pada mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati diperlukan karena permasalahan yang dihadapi oleh guru. Pengembangan materi tersebut diharapkan memenuhi kebutuhan siswa, materi lebih layak karena dikembangkan dengan berbagai referensi serta mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dan siswa.3) Langkah-langkah yang dilakukan guru mata pelajaran SKI di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Wedarijaksa Pati dalam mengembangkan materi mata pelajaran SKI adalah, a) mengetahui SK,KD dan indikatornya b) mengidentifikasi materi itu apakah termasuk aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik, c) materi tersebut disusun dan disesuaikan SK, KD dan indikatornyad) mencari dan menentukan sumber bahan ajar yang relevan dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PengembanganMateri; Mata Pelajaran SKI
Subjects: Sosial
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 04:03
Last Modified: 04 Dec 2016 04:03
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item