MODEL PSIKOTERAPI ISLAM KIAI H. NURKHOLISPADASANTRI PENDERITA GANGGUANJIWA DI PONDOK PESANTREN AT-TAQY KALIPUCANG KULON WELAHAN JEPARA

Umam, Choirul (2016) MODEL PSIKOTERAPI ISLAM KIAI H. NURKHOLISPADASANTRI PENDERITA GANGGUANJIWA DI PONDOK PESANTREN AT-TAQY KALIPUCANG KULON WELAHAN JEPARA. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1. Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 2. Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 3. Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 4. Bab 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 5. Bab 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 6. Bab 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 7. Bab 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 8. Bab 5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 9. Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaansantri penderita gangguan jiwadan untuk mengetahui Model Psikoterapi Islam Kiai H. Nur Kholis Di Pondok Pesantren At-Taqy Kalipucang Kulon Welahan Jepara adalah bentuk pengobatan gangguan kejiwaan dengan penekanan pengobatan Ukhrowi. Santri penderita gangguan jiwadibimbing dengan pendekatan keislaman, seperti pengajaran Al Qur’an dan Sunnah, diwajibkan melaksanakan shalat wajib dan shalat malam, membaca sholawat, dzikir, puasa,do’a, pengajaran ilmu hikmah, dan pensucian batiniyah. Model Psikoterapi Islam Kiai H. NurKholisdi Lingkungan Pondok Pesantren At-Taqy adalah memberi bimbingan, nasihat, perawatan, tuntunan, pengajaran dan proses penyadaran. sehingga santri penderita gangguanjiwadapatkembalimenjalanikehidupansecara normal dan mengamalkan perilaku bergama dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana penerapan Model Psikoterapi Islam Kiai H. NurKholisPadaSantri Penderita GangguanJiwa Di Pondok Pesantren At-Taqy Kalipucang Kulon Welahan Jepara. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi yang diperoleh dari narasumber terkait. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Psikoterapi Islam Kiai H. Nur Kholis Pada Santri Penderita Gangguan Jiwa Di Pondok Pesantren At-Taqy Kalipucang Kulon Welahan Jepara ini (1).Model psikoterapi Islam Kiai H. Nur Kholis merupakan model penyembuhan gangguan jiwa dengan bentuk pengobatan ukhrowi atau pengobatan dengan penekanan pada aspek jiwa dengan proses pengembalian fitrah manusia sebagai mahluk yang beragama, (2). Dalam pelaksanaan psikoterapi Islam Kiai H. Nur Kholis beberapa metode yang digunakan pada santri gangguan jiwa di pesantren At Taqy berdasarkan tuntunan Islam dalam Al Qur’an dan Sunnah Nabi diantaranya yaitu: pengajaran Al Qur’an dan Al Hikmah, sholat wajib dan sholat malam, pensucian diri, dzikir dan sholawat, puasa. (3). Tingkat keberhasilan model psikoterapi Islam yang diterapkanKiai H. Nur Kholis pada santri gangguan jiwa dapat dikatakan cukup memuaskan hal ini terbukti dari jumlah santri yang sembuh dari gangguan kejiwaan, juga dari keterangan parakeluarga yang menitipkan anggota keluarganya di pesantren At Taqy, dan respon masyarakat sekitar yang sangat menerima bahkan antusias dalam keterlibatanya dalam aktifitas pesantren. Memberi tempat bagi para penderita gangguan kejiwaan untuk memperoleh bimbingan, nasehat, perlakuan dan proses penyadaran, sehingga mereka yang terganggu kejiwaanya dapat sehat secara psikis dan dapat kembali menjalani hidup dan beragamasecara normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Islam; GangguanJiwa
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 04:20
Last Modified: 04 Dec 2016 04:20
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item