PENGARUH TEKNIK MUDDIEST POINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU WAHID HASYIM SALAFIYAH JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MULYATI, SRI (2016) PENGARUH TEKNIK MUDDIEST POINT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU WAHID HASYIM SALAFIYAH JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan kognitif siswa sebelum perlakuan (treatment) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui perbedaan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap kemampuan kognitif siswa sesudah perlakuan (treatment) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.(3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif Eksperimen. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas X di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah sebagai kelompok eksperimen, dengan jumlah sampel 20 orang, dan peserta didik di MA Raudlatut Tholibin sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel yang sama. Sebelum penelitian angket 20 dari variabel (X) dan 35 dari variabel (Y) disebarkan di MA Nurul Ulum Jekulo Kudus untuk uji try out yang dibagikan kepada 15 responden. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel X ada 16 item soal yang valid dan 4 item soal tidak valid, sedangkan untuk variabel Y 25 item soal yang valid dan 10 item soal yang tidak valid. Maka 16 item soal variabel X dan 25 item soal variabel Y tersebut yang akan dibagikan kepada 20 responden di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus dan di MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X 0,917 > 0,60.dan variabel Y 0,946 > 0,60. Maka Kedua variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol sebelum perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 17,05 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 16,55. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 0,681 < 2,09. (2) Tidak ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan (treatment) dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 18,80 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 17,20. Dari hasil perhitungan, t hitung lebih kecil dari t tabel 1,985 < 2,09. (3) Ada perbedaan pada saat sebelum dan sesudah perlakuan (treatment) pada kelompok eksperimen bahwa terdapat perbedaan yang mencolok yang terbukti dengan nilai rata-rata kemampuan kognitif yang meningkat yaitu dari 17,05 menjadi 18,80, kemudian juga t hitung lebih besar dari t tabel 3,018 > 2,09.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Muddiest Point; Kemampuan Kognitif Siswa
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 04:41
Last Modified: 04 Dec 2016 04:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item