ANALISIS GAYA BELAJAR KOGNITIF IMPULSIF DAN REFLEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NU MIFTAHUT THOLIBIN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMAWATI, TRI (2017) ANALISIS GAYA BELAJAR KOGNITIF IMPULSIF DAN REFLEKTIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NU MIFTAHUT THOLIBIN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif peserta didik dan untuk mengetahui pelaksanaan gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan di MTs NU Miftahut Tholibin dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi analisis gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif peserta didik kelas VIII di MTs NU Miftahut Tholibin wawancara terhadap instansi terkait dalam penggunaan analisis gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif peserta didik dan dokumentasi berupa blanko penilaian sikap peserta didik. Metode analisis menggunakan metode yang dikembangkan dokumentasi dan diskusi dengan tiga langkah yaitu reduksi data berupa kesiapan belajar itu melalui seorang guru menghimbau mereka mengharuskan belajar terlebih dahulu di rumah sebelum pembelajaran di mulai, bukan hanya mempelajari materi yang telah lalu melainkan materi yang akan di pelajari juga. Selanjutnya saat pembelajaran, guru menggunakan ragam pendekatan dan metode dalam menyampaikan pelajaran. Setelah itu peserta didik di evaluasi melalui berbagai macam pertanyaan dengan menggunakan analisis gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif peserta didik, berupa perkembangan penilaian sikap untuk mengetahui perkembangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Gaya Belajar Kognitif Impulsif dan Reflektif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahut Tholibin Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu prinsip-prinsip utama kegiatan analisis gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif yaitu meliputi: 1) berdasarkan kebutuhan belajar, 2) berorientasi pada tujuan kegiatan pembelajaran, 3) berpusat pada peserta didik, 4) berangkat dari pengalaman belajar. Selain itu, analisis gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif sebagai kegiatan pembelajaran juga memperhatikan prinsip proses stimulus dan respons yang di dalamnya mengandung unsur-unsur kesiapan belajar, latihan, dan munculnya pengaruh terjadinya perubahan tingkah laku. Salah satu indikator keberhasilan menggunakan gaya belajar kognitif impulsif dan reflektif yaitu selain peserta didik mampu mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan sehari-hari juga berani bertanya, berpendapat, menyanggah, menjawab pertanyaan yang diberikan guru, aktif dalam setiap pembelajaran serta berani menyimpulkan hasil pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar Kognitif Impulsif; Reflektif; Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:58
Last Modified: 30 Apr 2018 01:58
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item