POSITIONING STRATEGIC DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI PERGURUAN ISLAM MATHOLI’UL FALAH KAJEN, MARGOYOSO, PATI

KHOIRONI, AHMAD (2017) POSITIONING STRATEGIC DALAM PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI PERGURUAN ISLAM MATHOLI’UL FALAH KAJEN, MARGOYOSO, PATI. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (266kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengungkap strategi positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah yang peneliti rumuskan dalam tiga fokus penelitian berikut; Bagaiman Strategi positioning dalam pemasaran jasa pendidikan di Perguruan Islam Matholi’ul Falah? Bagaimana proses penentuan Strategi positioning dalam pemasaran jasa pendidikan di Perguruan Islam Matholi’ul Falah? Bagaimana strategi pengkomunikasian positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah dalam kajian atas bauran pemasaran jasa pendidikannya?? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pola penyajian deskriptif analitis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi, dimana peneliti akan menguak makna dari aktifitas, keadaan, orang, kebijakan, program, dan dokumen yang berhubungan dengan positioning lembaga. Di samping itu, peneliti juga akan menggunakan beberapa pendekatan lain seperti pendekatan historis, sosiologis, dan pendekatan budaya agar hasil penelitian lebih holistik. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis kualitatif dari Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah didasarkan visi-misinya yaitu; Meraih nilai-nilai keislaman dengan tafaqquh fi al-din dan berikhtiar untuk menjadi insan sholih akrom. Kedua, Proses positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah dilakukan dalam tiga tahap; (a) Refleksi atas faktor eksternal dan internal lembaga. Refleksi faktor eksternal dilakukan policy maker Perguruan Islam Matholi’ul Falah atas kondisi sosial dan kebutuhan masyarakatnya, sedangkan refleksi faktor internal lebih ke arah identifikasi keunggulan dan fokus lembaga. (b) Penentuan ungkapan pemposisian (positioning statement) positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah adalah “tafaqquh fiddin menuju insan sholeh akrom”, (c) Pengkomunikasian positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah dilakukan secara langsung melalui brosur, website, raport, majalah, ceramah/pidato, maupun secara tidak langsung melalui program dan kebijakan seperti kurikulum, standar kelulusan, program jama’ah, kondisi guru, seragam siswa. Ketiga, berdasarkan atas analisa bauran pemasaran PIM yang meliputi 7P; product, price; place, promotion, people, Physical evidence, proses, membuktikan positioning Perguruan Islam Matholi’ul Falah sangat kredibel, atau value yang dijanjikan atau diperkenalkan memiliki kesesuaian dengan kenyataan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Positioning; Pemasaran Pendidikan
Subjects: Sosial > Pendidikan
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:45
Last Modified: 30 Apr 2018 07:45
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item