PENGARUH GURU HUMORIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN NAHWU DI KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBA`UL HUDA NGALURAN KARANGANYAR DEMAK.

RIYANTO, SURIYO (2017) PENGARUH GURU HUMORIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN NAHWU DI KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBA`UL HUDA NGALURAN KARANGANYAR DEMAK. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh guru humoris terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran nahwu di MTs Manba`ul Huda Ngaluran Karanganyar Demak. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk humor yang dilakukan guru dalam pembelajaran nahwu, untuk mengetahui nilai yang didapatkan murid dari pembelajaran nahwu, untuk mengetahui pengaruh guru humoris dalam pembelajaran nahwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid kelas VIII di MTs Manba`ul Huda Ngaluran Karanganyar Demak tahun ajaran 2016/2017 dan jumlahnya 63. Sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 63 siswa. Adapun teknik pengumpulan data adalah Angket, Observasi, Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) bentuk humor yang digunakan guru yaitu dengan cara guru menyisipkan humor dalam pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh dengan pernyataan-pernyataan atau kalimat-kalimat yang lucu, terkadang memberikan cerita-cerita lucu dan terkadang guru memggambar gambar-gambar yang lucu dipapan tulis. 2) nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran nahwu yang didapatkan adalah 43,87, kemudian dimasukkan dalam jenis kelas interval maka hasilnya dalam kategori baik. 3) diantara guru humoris dan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang positif, Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai "Fhitung” = 83,078 lebih besar dari "Ftabel” pada taraf kesalahan 5% = 4,00, jadi Ha diterima Ho ditolak. Ini berarti benar-benar ada pengaruh antara guru humoris terhadap hasil belajar sebesar 57,7, sehinnga masih ada lagi 42,3 pengaruh variabel lain selain guru humoris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Humoris; Hasil Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2018 02:27
Last Modified: 07 May 2018 02:27
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item