NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB NGUDI SUSILO KARYA KH. BISRI MUSTHOFA DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2013

Muis, Abdullah (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB NGUDI SUSILO KARYA KH. BISRI MUSTHOFA DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2013. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (958kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (435kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)

Abstract

Permasalahan pembangunan karakter pada anak adalah upaya untuk penanaman perilaku positif pada individu agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat secara permanen. Padahal karakter muncul membutuhkan proses pendidikan dan pembiasaan yang memakan waktu cukup panjang. Oleh karena itu, pendidikan karakter tidak cukup hanya diperoleh melalui pengajaran secara formal di sekolah-sekolah, tetapi membutuhkan peran serta masyarakat dan keteladan sosial.. Dalam skripsi ini peneliti menulis tentang Pendidikan Karakter dalam Ngudi Susilo karya KH. Bisri Musthofa, dengan tujuan untuk mengetahui; 1). Nilai-nilai pendidikan karakter menurut KH. Bisri Musthofadalam kitabnya Ngudi Susilo. 2). Relevansinya nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kitab Ngudi Susilo dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013. Untuk memperoleh hasil penelitian penulis menggunakan penelitian studi kepustakaan (library research) dengan menelaah secara mendalam pada kitab tersebut untuk memperoleh data, di samping itu juga menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif analitik, sumber data primer yaitu kitab Ngudi Susilo, data skunder yaitu kitab-kitab klasik dan kitab kontemporer yang relevan, teknik pengumpulan data, uji keabsahan data, analisis data meliputi content analisis atau analisis isi, deduktif, induktif dan metode komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang ada dalam kitab Ngudi Susila yaitu Mandiri, Disiplin, Kerja keras, Semangat, Cinta tanah air, Cinta damai, Tanggung jawab, Jujur, Gemar membaca, Taat, Beradab, Ta’dzim, Qona’ah, Kasih sayang, Sadar diri, Sabar, Adil, Tawadlu dan Ahli dzikir. Adapun wujud impelementasi nilai karakter kitab Ngudi Susila Saka Pitedah Kanthi Terwela ialah melalui program pendidikan berkarakter yang dicanangkan tahun 2011oleh Kemdikbud dengan menetapkan 19 nilai karakter yang wajib disisipkan dalam proses pembelajaran peserta didik. Adapun kerelevansiannya nilai-nilai pendidikan dalam kitab Ngudi Susilo secara garis besar sudah relevan dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013, karena pada intinya ada kesesuain keduanya ditinjau dari sama-sama mengarah pada penekanan nilai-nilai Islam dan pendidikan karakter baik nilai karakter kepada Allah, diri sendiri, sesama manusia, masyarakat, bangsa dan Negara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KH. Bisri Musthofa; Ngudi Susilo; dan Pendidikan Karakter
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:16
Last Modified: 22 Mar 2019 02:58
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2171

Actions (login required)

View Item View Item