PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMBINAAN PERILAKU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NAULI, LAELI KHOFIFATUN (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PEMBINAAN PERILAKU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (565kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (203kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (395kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus, (2) Untuk mengetahui pengaruh pembinaan perilaku siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kedisiplinan belajar siswa dan pembinaan perilaku siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Dimana pendidikan merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam diri manusia dalam rangka menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin modern, salah satunya dengan menerapkan sikap kedisiplinan, dengan adanya kedisiplinan manusia akan terbiasa dengan hal baik dan tertib. Kedisiplinan biasanya diterapkan disekolah salah satunya kedisiplinan belajar. Bahwa setiap siswa diharapkan untuk selalu mentaati tata tertib yang ada disekolah. Kedisiplinan belajar mengkaitkan dengan perilaku siswa dimana siswa yang tidak mentaati tata tertib akan mendapat pembinaan dari pihak sekolah. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam lapangan di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi terdiri dari semua kelas VIII, kemudian diambil sampel 63 responden. dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan analisis ini, penulis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh Kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus berpengaruh positif, hal ini terlihat dari koefisien regresi sebesar 17,1%. 2) Pengaruh pembinaan perilaku terhadap prestasi belajar di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus berpengaruh positif, hal ini terlihat dari koefisien regresi sebesar 13,6%. 3) Kedisiplinan belajar dan pembinaan perilaku terhadap prestasi belajar di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Hasil dari nilai Fhitung sebesar 22,742. Adapun nilai koefisien regresinya sebesar 56,9% .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:55
Last Modified: 25 Mar 2019 02:55
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item