Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018 / 2019

Khasanah, Ayu Niswatun (2018) Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (662kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (295kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (400kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui secara mendalam mengenai Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa (mempelajari sesuatu melebihi fakta) pada pembelajaran Fiqih di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mengetahui keberhasilan Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Fiqih dan peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 1) Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 telah terlaksana dengan ditandai adanya pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada siswa dengan menerangkan materi tentang sujud syukur dan sujud tilawah, beliau tidak hanya menggunakan formasi konvensional, tetapi beliau menggunakan beberapa formasi seperti formasi kelompok dan formasi huruf U untuk meningkatkan gairah belajar siswa, 2) Hambatan Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts Matholi’ul Falah Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, yaitu sifat guru yang terkadang masih otoriter, siswa yang masih sering malah belajar dan sarana prasarana yang kurang. Dan untuk mengatasinya guru diharapkan dapat mengatasi pertentangan-pertentangan yang berada si kelas VIII, seperti sifat terbuka, demokratis, membimbing siswa, dan bersifat menerima dan menghargai siswa dengan tidak membeda-bedakan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Dan mengatur ruang kelas dengan menciptakan suasana yang menggairahkan dan mengaktifkan motivasi belajar siswa, 3) Keberhasilan Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Psikologi Siswa pada pembelajaran Fiqih di MTs Matholi’ul Falah Dawe Kudus dapat tercapai dengan adanya beberapa indikator diantaranya: a) perubahan sikap dari peserta didik, b) hasil dalam pembelajaran dan c) keterampilan peserta didik di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas; Psikologi Siswa; Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:02
Last Modified: 26 Mar 2019 08:02
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item