PENERAPAN TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NATIJATUL ISLAM SUMBEREJO JAKEN PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hidayah, Fathul (2016) PENERAPAN TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NATIJATUL ISLAM SUMBEREJO JAKEN PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
9.BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts. Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati; 2) Faktor yang mendukung dan menghambat teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts. Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reseach dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara kepada kepala Madrasah, waka kurikulum, Guru Akidah Akhlak, siswa kelas VIII, dan data sekunder yang berasal dari buku maupun informasi lain yang relevan dengan penelitian ini. Serta observasi lokasi penelitian dan kegiatan belajar mengajar di kelas VIII. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Penerapan teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Natijatul Islam Sumberejo Jaken Patiberdasarkan hasil penelitian adalah Siswa mampu memecahkan suatu masalah dalam kegiatan diskusi. Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan, dan siswa aktif serta mampu menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis dilakukan hanya untuk materi tertentu, dan agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika belajar. Pembelajaran ini tidak hanya menggunakan teknik pembelajaran predict observe explaint saja tetapi dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain yaitu: ceramah, diskusi, demontrasi, problem solving, resitasi, tanya jawab, dan lain-lain. 2) Berdasarkan faktor yang mendukung (faktor internal) yaitu komunikasi siswa yang cukup tinggi dengan guru dalam membangun pengetahuan baru, antusias siswa terhadap pelajaran dengan menjaga perhatian karena mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan didukung oleh fasilitas dari Madrasah yang lengkap dan memadai. Sedangkan faktor yang menghambatnya (faktor eksternal) yaitu dipengaruhi oleh waktu dan kondisi siswa yang mengganggu temannya ketika pelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik; PredictObserveExplaint; Kemampuan Berfikir Kriti;, Analisis; Akidah Akhlak.
Subjects: Sosial
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 07:37
Last Modified: 04 Dec 2016 07:37
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item