PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PADA KURIKULUM 2013 DI MTS NU HASYIM ASY’ARI 02 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019

NORVIKO, ENDY (2018) PENERAPAN PENILAIAN PORTOFOLIO PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PADA KURIKULUM 2013 DI MTS NU HASYIM ASY’ARI 02 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses penerapan penilaian portofolio pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada kurikulum 2013 di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus (2) Mengetahui faktor-faktor yang memperhambat dan mendukung dalam menerapkan penilain portofolio pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada kurikulum 2013 di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus . Jenis penelitian ini adalan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran Qur’an Hadist dan peserta didik kelas VIII B.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasif, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Adapun hasil penelitian adalah : (1) penerapan penilaian portofolio pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada kurikulum 2013 menggunakan langkah-langkah sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai setiap kompetensi datar serta didukung dengan media, sumber belajar pada kurikulum 2013. Pelaksanaan penilain portofolio bersifat penugasan dan hasil produk siswa meliputi tugas kelompok, peta konsep, ulangan harian, sedangkan bentuk instrumen yang digunakan meliputi soal pilihan ganda dan uraian. Pembelajaran Al-Qur’an Hadist belangsung menyenangkan dan melibatkan peserta didik (2) Faktor pendukung penerapan penilaian portofolio pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada kurikulum 2013 adalah dukungan dari kepala sekolah, guru . fasilitas dan sumber belajar yang mendukung penerapan penilaian portofolio dalam aktivitas pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adalah jumlah siswa yang terlalu banyak,guru mengalami kesulitan dalam memantau perkembangan siswa, serta banyaknya tugas yang dikumpulkan peserta didik membuat guru kerepotan, sehingga membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengoreksinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Portofolio; kurikulum 2013; Al-Qur’an Hadist
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:38
Last Modified: 27 Mar 2019 03:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item