IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NU ROUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018

RIZA, FATKHUR (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA NU ROUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (455kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (944kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA NU Roudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MA NU Roudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian diskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Studi kasus ini melibatkan berbagai pihak, yaitu: kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan peserta didik. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus dalam meningkatkan karakter peserta didik dilakukan dengan menggunakan pendekatan scientific, yaitu mengamati, diskusi mendalam, mengumpulkan informasi, menalar dan membangun komunikasi yang baik dengan lingkungan sosial. 2) Implementasi kurikulum 2013 memiliki relevansi yang kuat dalam meningkatkan karakter peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil evaluasi yang dilakukan, seperti; meningkatnya sikap jujur, tanggung jawab,toleran, disiplin, sikap hormat pada guru, dan meningkatnya pola pikir terbuka yang ditandai dengan keluwesan dalam menerima pendapat orang lain. 3) Faktor pendukung implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI ialah guru dalam proses pembelajaran strategi, metode dan model pembelajaran yang digunakan dan sarana prasarana adanya wifi sekolah dan ruang lab komputer memudahkan peserta didik mengakses materi-materi di internet selain itu juga hampir tiap kelas tersedianya LCD dan perpustakaan disekolah. Selain itu banyak di antaranya guru-guru muda yang berkompeten dan sudah mampu menerapkan kurikulum 2013 dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013; Mata Pelajaran PAI
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 07:29
Last Modified: 28 Mar 2019 07:29
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item