IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Islami, Bad’iatul (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs N 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (424kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (291kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (247kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menangkap poin- poin penting pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sehingga menyulitkan pula siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 2 Kudus, (2) Implementasi dari strategi pembelajaran Bowling Kampus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 2 Kudus, (3) Kekurangan dan kelebihan dari implementasi strategi pembelajaran Bowling Kampus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 2 Kudus Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif, Sumber data yang digunakan adalah (a) Sumber data primer meliputi Kepala madrasah, Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa kelas VIII, (b) Sumber data sekunder meliputi dokumen atau arsip, gambar- gambar atau foto implementasi strategi pembelajaran Bowling Kampus, daftar nilai, RPP, ringkasan materi, daftar kelompok, daftar nilai kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian ini meliputi uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu dengan mengutamakan pengelolaan kelas yang baik serta penggunaan strategi pembelajaran yang variatif dan menjalin komunikasi antara guru dan siswa. 2) Penerapan strategi pembelajaran Bowling Kampus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu berupa pengulasan materi melalui kuis berkelompok yang dapat menguatkan daya ingat siswa dan dapat membantu siswa untuk dapat menangkap poin- poin penting dalam pembelajaran. 3) Kelebihan strategi Bowling Kampus diantaranya (a) Dapat membantu siswa untuk lebih menangkap poin– poin penting dalam pembelajaran, (b) Dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, (c) Dapat meningkatkan daya tangkap siswa, (d) Dapat meningkatkan kerjasama tim, (e) Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (f) Dapat mengembangkan karakter positif siswa dalam kemampuan sosial, (g) Dapat melatih kemampuan kognitif siswa, (h) Dapat dijadikan sebagai langkah evaluasi pembelajaran oleh guru maupun siswa secara pribadi, (i) Dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, (j) Dapat mengukur kemampuan siswa dalam menerima dan memahami materi. Sedangkan kekurangan yaitu: (a) Kurang efektif apabila diterapkan pada pertanyaan yang bersifat argument, (b) Diperlukannya waktu lebih untuk implementasi strategi Bowling Kampus, (c) Kurangnya jumlah pertanyaan yang diajukan guru, (d) Belum di modifikasinya pertanyaan dengan menggunakan media gambar atau video.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bowling Kampus; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:32
Last Modified: 10 Apr 2019 03:32
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item