IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MI NU MIFTAHUL HUDA 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018

ZULIYANA, EVA (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI MI NU MIFTAHUL HUDA 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (542kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Banyak peserta didik yang melakukan perilaku kenakalan atau hal negatif. Permasalahan tersebut banyak dijumpai sekarang ini yaitu, seperti merokok, menyemir rambut, menindik telinga dan lain sebagainya. Untuk menghadapi permasalahan kenakalan peserta didik di sekolah, maka sekolah dapat mengambil atau menggalakkan menerapkan pendidikan karakter. pendidikan karakter adalah suatu upaya untuk menanamkan dan mengembangkan karakter-karakter yang baik dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. penerapan pendidikan karakter ini sebagai benteng untuk membentuk perilaku atau karakter yang baik sesuai dengan nilai dan norma yang ada dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan penerapan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan peserta didik, kendala-kendala dalam menerapkan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan peserta didik dan solusi dalam menghadapi kendala-kendala penerapan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan peserta didik di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskripstif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi nonpartisipasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi untuk meningkatkan ketekunan, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Dan teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik reduksi data (data reduction), penyajian data (data dislpay), dan verifikasi data(conclusion drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1)penerapan pendidikan karakter dalam mengatasi kenakalan peserta didik yaitu melalui pembelajran/kegiatan belajar mengajar di kelas, melalui pembiasaan/budaya sekolah, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler.(2)kendala-kendala yang dihadapi antara lain kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua, kurangnya kesadaran bagi peserta didik akan perilaku yang jelek, dan bergaul dengan teman yang nakal.(3)solusi untuk menghadapi kendala tersebut adalah dengan menerapkan program Full Day School yang di dalamnya menerapkan tahfidz Al-qur’an dan penguatan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Mengatasi Kenakalan peserta didik
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:17
Last Modified: 30 Apr 2019 02:17
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item