Manajemen Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mapel PAI di SD Se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati

Jaswo, Jaswo (2017) Manajemen Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mapel PAI di SD Se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Masters thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa manajemen guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mapel PAI di SD Se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Tujuan dalam penelitian ini untuk 1) untuk menganalisa manajemen guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mapel PAI di SD se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. 2) untuk menganalisa faktor pendukung dan penghambat manajemen guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mapel PAI di SD se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode yang dirilis oleh Miles dan Huberman melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dengan lokasi penelitian di SD se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut Pertama, manajemen guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 pada Mapel PAI di SD se-Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian. Perencanaan meliputi penyusunan silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembalajaran, penyusunan program tahunan, penyusunan program semester dan program penilaian. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific, meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Penilaian menggunakan berbagai teknik, namun yang lebih menonjol adalah penilaian autentic. Kedua, Faktor pendukung manajemen guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 meliputi persiapan yang matang, ketersediaan ba¬han ajar dan sumber belajar kompetensi guru, pembinaan secara intensif dari pengawas, pemantauan dan evaluasi dari pihak terkait, budaya sekolah yang sangat mendukung, kerja sama kepala sekolah dan para guru, sosial budaya masyarakat yang sesuai, sarana yang mendukung, peserta didik yang aktif, dukungan guru mapel lain, dan kerja sama antara guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambat antara lain tidak sinergi antara pendidik di sekolah dengan yang memberikan kebijakan di atasnya, pendidikan dan latihan dan pelatihan yang kurang maksimal, sebagian guru masih belum faham benar tentang kurikulum 2013, membutuhkan waktu adaptasi cukup lama, kesulitan menerapkan pendekatan secientific, pengelolaan kelas yang sulit, sebagian sekolah belum mempunyai jaringan internet, sebagaian besar guru kurang menguasai informasi dan teknologi, materi kurang mendalam, kurang adanya peran aktif orang tua, dan proses penilaian rumit dan terlalu banyak memakan waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Guru; Implementasi dan Kurikulum 2013
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 02 May 2019 06:47
Last Modified: 02 May 2019 06:47
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item