Pengaruh model Learning Revolution (Revolusi Cara Belajar) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017

Maesaroh, Siti (2017) Pengaruh model Learning Revolution (Revolusi Cara Belajar) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model Learning Revolution (revolusi cara belajar) di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (2) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (3) Adakah pengaruh model Learning Revolution (revolusi cara belajar) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan secara umum: (1) Untuk mengetahui penerapan model Learning Revolution (revolusi cara belajar) di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017.(3) Untuk mengetahui pengaruh model Learning Revolution (revolusi cara belajar) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang disebarkan pada responden (sampel) sebanyak 75 siswa dari 5% 94 siswa kelas X MIA 4, 5, dan 6. Adapun lokasi penelitian di MAN 2 Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Model Learning Revolution (revolusi cara belajar) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 tergolong Cukup dengan memiliki rata-rata 72,28 karena termasuk dalam interval (59-76). (2) Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 tergolong Cukup dengan memiliki rata-rata 68,35 karena termasuk dalam interval (56-72). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model Learning Revolution (revolusi cara belajar) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017, hal ini berdasarkan nilai F_hitung sebesar 12,412 lebih besar dari F_tabel baik pada taraf signifikan (5%) sebesar 3,97 maupun F_tabel pada taraf signifikan 1% sebesar 7,00. Dari hasil perhitungan, besarnya koefisien determinasi yang diperoleh, bahwa model Learning Revolution (revolusi cara belajar) memiliki pengaruh yang sebesar 14,5161% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kudus. Dan hasil persamaan regresi linier sederhana yakni Y= 41,837+0,367X, sehingga dinyatakan signifikan, dengan besaran pengaruh 14,5161%, sedangkan sisanya adalah pengaruh variabel lain 85,4839% yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Revolution (revolusi cara belajar); Kemampuan Berpikir Kritis; Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2019 02:47
Last Modified: 07 May 2019 02:47
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item View Item