PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 JEBOL MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ANA, SHOFIA (2017) PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 1 JEBOL MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar model pembelajaran memegang peranan penting dalam pembelajaran. Setiap model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Untuk mendorong peserta didik mengembangkan skill-skill yang dimilikinya, guru menerapkan model Reciprocal Learning dimana pembelajaran tersebut digunakan untuk mendorong siswa berpikir dan memproses materi pelajaran di kelas secara lebih menyeluruh, dan dapat meningkatkan strategi metakognitif yang lebih efektif selama aktifitas membaca dan mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui model Reciprocal Learning pada mata pelajaran PAI. (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik. (3) Untuk mengetahui seberapa besar model Reciprocal Learning mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis angket yang diperoleh dari responden (siswa sekolah dasar) sebanyak 30 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Model Reciprocal Learning memiliki rata-rata sebesar 51,2 termasuk dalam interval 46-49 dengan kategori baik. (2) Kemandirian belajar peserta didik memiliki rata-rata sebesar 50,2 termasuk dalam interval 43-55 dengan kategori baik. (3) Model Reciprocal Learning berpengaruh positif dan signifikanterhadap kemandirian belajar peserta didik. Hal ini diketahui bahwa nilai r hitung = 0,673> r tabel = 0,361, menyumbang = 45,3% dan sisanya yaitu 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi= Y = 21,554 + 0,559X dan t hitung = 4,811. Kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel signifikansi 5% diperoleh sebesar 2,048. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel (4,811>2,048). Karena t hitung lebih besar dari t tabel berarti signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Reciprocal Learning; Kemandirian Belajar Peserta Didik
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2019 03:28
Last Modified: 10 May 2019 03:28
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item