Implementasi Teknik Spaced Tape And Replay System (STARS) dalam Mata Pelajaran BTQ di SMPN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017

Rohmaniyah, Aifiatur (2017) Implementasi Teknik Spaced Tape And Replay System (STARS) dalam Mata Pelajaran BTQ di SMPN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (986kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Teknik Spaced Tape And Replay System (STARS) dalam Mata Pelajaran BTQ di SMPN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017, dan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Teknik Spaced Tape And Replay System (STARS) dalam Mata Pelajaran BTQ di SMPN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Data yang terkumpul didapat dari observasi lapangan yaitu mengamati kondisi fisik sekolah, dan proses pembelajaran dan BTQ kelas VIII, wawancara dengan narasumber primer kepada Kepala Sekolah, Waka Kurikulu, Guru pengampu BTQ Kelas VIII dan Peserta didik kelas VIII, dan dokumentasi arsip-arsip tentang profil Sekolah, administrasi pembelajaran Guru BTQ Kelas VIII dan buku-buku yang berhubungan dengan Teknik Pmebelajaran STAR dan BTQ. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Implementasi Teknik Spaced Tape And Replay System (STARS) dalam Mata Pelajaran BTQ di SMPN 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017 sudah berjalan dengan baik, Karena dengan memulai pembelajaran melalui evaluasi tugas minggu kemarin dilanjutkan dengan menulis ayat, mendengarkan rekaman ayat Al Qur’an secara berulang-ulang, praktek menghafal dilanjut dengan mengartikan dan memahami makna ayat tersebut, serta yang terakhir mendapatkan tugas untuk evaluasi pertemuan ini di rumah. Teknik ini ditekankan hanya pada hafalan dan bacaan peserta didik saja, sehingga untuk keterampilan menulis dan memahami kurang dapat berjalan dengan baik., namun dengan adanya evaluasi rutin yang dilakukan guru, membuat peserta didik dapat memperbaiki tulisan dan pemahaman makna dari ayat-ayat Al-Qir’an. 2) faktor pendukung proses pembelajaran BTQ ini adalah dari internal berupa terdapatnya fasilitas pembelajaran dan ruangan kelas yang nyaman, dan dari ekstenal berupa dukungan dari orang tua murid, sedang fakor penghambatnya adalah minimnya media pembelajaran Tape Recorderi dan siswa sering gaduh..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik, Spaced Tape And Replay System (STARS); Mata Pelajaran BTQ
Subjects: Sosial > Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2019 07:47
Last Modified: 10 May 2019 07:47
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2564

Actions (login required)

View Item View Item