Implementasi Penilaian Teknik Sosiometri dalam Meningkatkan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017

SA’DIYAH, Khalimatus (2017) Implementasi Penilaian Teknik Sosiometri dalam Meningkatkan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah:(1)Untuk mengetahui pelaksanaan penilaian sosiometri di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (2)Untuk mengetahui peningkatkan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017.(3)Untuk mengetahui implementasi penilaian teknik sosiometri dalam meningkatkan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field research pada kelas IX. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas dan transferability. Hasil penelitian sebagai berikut: (1)Penilaian teknik sosiometri di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 menurut peneliti menunjukkan efektif karena digunakan untuk memperoleh data perilaku dengan cara menilai temannya serta untuk menilai aspek penerapan siswa dari materi pembelajaran aspek akhlak pada mata pelajaran aqidah akhlak. Langkah menyusun penilaian: membuat instrument penilaian berupa angket dengan tipe siapa dia (who’s who), membuat alat pengukuran data dan membuat penetapan penilaian dari data menjadi nilai. Frekuensi kegiatan penilaian dilakukan 1 sampai 2 kali dalam 1 semester. (2)Peningkatkan psikomotorik siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 menurut peneliti menunjukkan signifikan karena peningkatan psikomotorik siswa terlihat dari kemampuan siswa dalam praktek yang berkaitan dengan materi, perhatian, minat dan perilaku siswa dalam mengikuti pelajaran. Aspek yang dinilai adalah keterampilan dan kemampuan siswa dalam bertindak dan merespon materi yang diberikan oleh guru serta dapat mengaplikasikan dikehidupan sehari-hari dan dibuktikan dengan nilai rata-rata pada mata pelajaran aqidah akhlak: 85. (3)Implementasi penilaian teknik sosiometri dalam meningkatkan psikomotorik siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 menurut peneliti menunjukkan signifikan karena kegiatan penilaian dimulai dari tahap persiapan pelaksanaan dan penutupan. Hasil penilaian menunjukkan adanya peningkatan psikomotorik siswa. Terbukti nilai rata-rata yang didapat siswa: 85 di atas KKM mata pelajaran aqidah akhlak 80, serta respon siswa pada materi yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Teknik Sosiometri; Peningkatan Psikomotorik; Aqidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2019 04:14
Last Modified: 20 May 2019 04:14
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item