ASPEK-ASPEK KESALAHAN DALAM MENDIDIK ANAK DAN SOLUSINYA MENURUT DR. SHOLIH AS-SUHAIM DALAM KITAB MIN AKHTO’INA FI TARBIYATI AULADINA WA THURUQ ILAJIIHA FIL ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

SUPRIYADI, SUPRIYADI (2017) ASPEK-ASPEK KESALAHAN DALAM MENDIDIK ANAK DAN SOLUSINYA MENURUT DR. SHOLIH AS-SUHAIM DALAM KITAB MIN AKHTO’INA FI TARBIYATI AULADINA WA THURUQ ILAJIIHA FIL ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memenuhi kebutuhan anak demi menunjang kehidupannya, salah satunya adalah kebutuhan pendidikan. Mendidik anak merupakan kewajiban orang tua terhadap anaknya. Akan tetapi para orang tua, dewasa ini tidak sedikit yang mengabaikan tugasnya sebagai seorang pendidik, sehingga terjadi beberapa kesalahan dalam mendidik anaknya. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek kesalahan dalam mendidik anak dan solusinya menurut Dr. Sholih As-Suhaim dalam kitab Min Akhto’ina fi Tarbiyati Auladina wa Thuruq ‘Ilajiha fil Islam dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Kontemporer. Buku Min Akhto’ina fi Tarbiyati Auladina wa Thuruq ‘Ilajiha fil karya Dr. Sholih As-Suhaim memuat beberapa aspek kesalahan dalam mendidik anak dan menyertakan solusi terhadap kesalahan tersebut menurut Islam. Buku tersebut menjadi relevan ditelaah untuk menjadi pengetahuan dan masukan bagi para pendidik khususnya orang tua dalam mendidik anaknya sesuai dengan nilai-nilai Islam. Melalui studi pustaka (library research), dimana pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan analisis konten dan analisis induktif, serta pemaparannya dengan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa ada 15 aspek kesalahan dalam mendidik anak menurut Dr. Sholih As-Suhaim dalam kitab Min Akhto’ina fi Tarbiyati Auladina wa Thuruq ‘Ilajiha fil Islam. Adapun aspek kesalahan dan solusi yang dinyatakan oleh Dr. Sholih As-Suhaim dalam kitab Min Akhto’ina fi Tarbiyati Auladina wa Thuruq ‘Ilajiha fil Islam memiliki relevansi dalam pendidikan Islam kontemporer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aspek-aspek Kesalahan; Mendidik Anak; Kitab Min Akhto’ina fi Tarbiyati Auladina wa Thuruq ‘Ilajiha fil Islam.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2019 02:56
Last Modified: 21 May 2019 02:56
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item