PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PAI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE di SMK NU MA’ARIF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUSHOWWIFAH, MUSHOWWIFAH (2017) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PAI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE di SMK NU MA’ARIF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Keberhasilan suatu proses belajar dapat dilihat dari hasil pencapaian setelah adanya penilaian. Dan penilaian di perlukan instrumen tes. Karena selama ini kita hanya mengetahui tes PAI hanya bersifat tertulis, klasikal, dan berdasar pada LKS. Maka perlu adanya pengembangan penyusunan butir soal tes PAI yang didalamnya terdapat kisi-kisi instrumen tes PAI dan merekap hasil tes PAI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan instrumen tes PAI melalui media pembelajaran berbasis lectora inspire di SMK NU Ma’arif Kudus Tahun ajaran 2017/2018. Menganalisis butir soal PAI dengan mengetahui validitas soal dan reliabilitas soal PAI. Sehingga di ketahui apakah soal tersebut layak untuk di terapkan pada evaluasi siswa atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang telah di ajarkan. tes tersebut berupa tes kognitif (pilihan ganda, essay), tes afeksi dan psikomotor. Sedangkan alat data non tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi siswa terhadap pelaksanaan tes PAI di SMK NU Ma’arif Kudus, serta pengembangan instrumen tes PAI yang di kemas dalam media pembelajaran berbasis lectora inspire. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui: (1) Prosedur penyusunan instrumen tes PAI di gunakan untuk mempersiapkan butir soal yang digunakan dalam evaluasi siswa. Adapun teknik yang digunakan adalah teknik instrumen berupa tes tertulis, non tes, dan tes berbasis lectora inspire. (2) Upaya guru dalam mengubah pola pikir siswa yang cenderung kurang antusias terhadap evaluasi melalui media pembelajaran berbasis lectora inspire (3) Penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire yang di gunakan untuk mengembangkan dalam pembuatan soal, kisi-kisi instrumen tes PAI pada tiap aspek (kognitif, afeksi, psikomotor) penilaian. Penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire juga bermanfaat untuk siswa dan guru. lectora inspire juga bisa digunakan dalam merekap nilai hasil evaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instrument Tes PAI; Media; dan Lectora Inspire
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2019 03:03
Last Modified: 21 May 2019 03:03
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item