PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN SELF EFFICACY TERHADAP PERILAKU BELAJAR RASIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NU MATHOLI’UL HUDA BAKALAN KRAPYAK KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KHUSNA, NILA NISWATUL (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN SELF EFFICACY TERHADAP PERILAKU BELAJAR RASIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NU MATHOLI’UL HUDA BAKALAN KRAPYAK KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui lingkungan sekolah dan self efficacy terhadap perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus (2) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus (3) mengetahui pengaruh self efficacy terhadap perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus (4) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan self efficacy secara simultan terhadap perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII sejumlah 108 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 84 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Lingkungan sekolah, self efficacy dan perilaku belajar rasional peserta didik dalam kategori baik yaitu masing-masing 70.8, 68.1 & 69.05 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dengan model Ŷ = 32.45 + 0.517 X1, hubungan keduanya positif & signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy dengan perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dengan model Ŷ = 22.976 + 0.676 X2, hubungan keduanya positif & signifikan 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan dan self efficacy secara simultan terhadap perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dengan model Ŷ = 17.547 + 0.140 X1 + 0.611 X2, dan hubungan lingkungan sekolah dan self efficacy secara simultan dengan perilaku belajar rasional peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak adalah positif & signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Sekolah; Self Efficacy dan Perilaku Belajar Rasional Peserta Didik
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2019 03:23
Last Modified: 21 May 2019 03:23
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item