STUDI KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP N 1 KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NISA’, KHOIRUN (2017) STUDI KORELASI PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP N 1 KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus (2) Bagaimana penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus (3) Adakah hubungan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus (2) Untuk mengetahui penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus (3) Untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket untuk menjaring data X dan Y yang diperoleh dari responden dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 127 responden. Angket terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus tergolong sangat baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 70,31 termasuk dalam interval 65-79 dengan kategori sangat baik. (2) Penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus tergolong sangat baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebesar 68,51 termasuk dalam interval 65-79 dengan kategori sangat baik. (3) Terdapat korelasi persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus, ini terlihat dari korelasi sebesar 0,617 pada taraf signifikansi 5% 0,617>0,176 dan arah hubungan (r) adalah positif, dengan besaran pengaruh 38,0689%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “terdapat korelasi yang signifikan persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dengan penyesuaian diri siswa dalam pembelajaran PAI kelas VII SMP Negeri 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2016/2017” diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru; Penyesuaian Diri Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2019 06:52
Last Modified: 21 May 2019 06:52
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item