Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle Terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017,

Albab, Muhammad Fatikhul (2017) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle Terhadap Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017,. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (990kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran inside outside circle dalam mata pelajaran PAI (2) mengetahui peningkatan kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, (3) mengetahui pengaruh pembelajaran inside outside circle terhadap peningkatan kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Penulis melakukan studi lapangan di SMA Hidayatul Mustafidin yakni pada ruang lingkup kelas X. Populasi terdiri dari semua kelas X, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling atau secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Tehnik yang digunakan untuk menguji hipotesis Asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran inside outside circle pada mata pelajaran PAl dapat tergolong cukup baik, ini terlihat dari hasil mean dengan nilai 90,42 yang masuk dalam interval 83-90, sedangkan kreativitas belajar peserta di SMA Hidayatul Mustafidin adalah baik, ini terlihat dari hasil mean dengan nilai 93,77 yang tennasuk dalam interval 93-98, kemudian thitung lebih kecil dari nilai ttabel (2,90< 2,02.), maka Ho ditolak atau Ha diterima, sehingga regresinya adalah signifikant. Sedangkan indeks korelas "r" produc moment rtabel 0,312 sedangkan rhitung 0,426, ini berarti korelasi produc moment adalah signifikant. Sedangkan koefisien determinasi dari variabel independent diperoleh dari R squere sebesar 0,1814. Hal ini mengidentifikasikan bahwa variabel independent hanya mempengaruhi variabel dependent sebesar 18,14% sedangkan sisanya sebesar 81,84% adalah variabel lain diluar yang belum diteliti oleh peneliti. Dan untuk peneliti yang lain diharapkan bisa melakukan penelitian tentang strategi-strategi atau metode pembelajaran yang efektif dan inovatif supaya banyak pilihan metode pembelajaran yang dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran inside outside circle; peningkatan kreatifitas belajar.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 May 2019 02:51
Last Modified: 22 May 2019 02:51
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item