IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KHILMIYAH, NITA (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran means end analysis. 2) Untuk mengetahui aspek-aspek apa saja dalam strategi pembelajaran means end analysis yang memiliki kelebihan dan kekurangan pada mata pelajaran Fiqih di MA Roudlotul Mubtadi’in Balekambang Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi strategi pembelajaran means end analysis pada mata pelajaran Fiqih di MA Roudlotul Mubtadi’in Balekambang Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2016/2017, meliputi menjelaskan tujuan pembelajaran yaitu untuk mengetahui dan memahami hukum Islam tentang pengurusan jenazah. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih yaitu mengenai materi mengurus jenazah. Langkah selanjutnya yaitu siswa dibantu mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut misalnya syarat-syarat jenazah yang akan dimandikan. Siswa dikelompokan siswa menjadi 5 atau 6 kelompok (kelompok yang dibentuk heterogen yaitu ada yang memiliki prestasi belajar yang tinggi dan ada juga yang memiliki prestasi belajar di bawah rata-rata), dan memberi tugas/soal pemecahan masalah kepada setiap kelompok mengenai cara memandikan jenazah. 2) Kelebihan strategi pembelajaran means end analysis pada mata pelajaran Fiqih di MA Roudlotul Mubtadi’in Balekambang Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2016/2017 yaitu siswa dapat terbiasa untuk memecahkan/menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah hukum Islam; siswa berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan sering mengekspresikan idenya; siswa memiliki kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan agama Islam; Siswa dengan kemampuan rendah dapat merespon permasalahan dengan cara mereka sendiri; siswa memiliki pengalaman banyak untuk menemukan sesuatu dalam menjawab pertanyaan melalui diskusi kelompok. Sedangkan kekurangan strategi pembelajaran means end analysis pada mata pelajaran Fiqih di MA Roudlotul Mubtadi’in Balekambang Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2016/2017 yaitu membuat soal pemecahan masalah yang bermakna bagi siswa bukan merupakan hal yang mudah; mengemukakan masalah yang langsung dapat dipahami siswa sangat sulit sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan bagaimana merespon masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Means End Analysis
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 24 May 2019 02:38
Last Modified: 24 May 2019 02:38
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2615

Actions (login required)

View Item View Item