IMPLEMENTASI PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA DI MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SALAMAH, UMI (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA DI MAN 1 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) implementasi pendekatan klarifikasi nilai pada pembelajaran akidah akhlak dan kemampuan afektif siswa di MAN 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (2) efektivitas implementasi pendekatan klarifikasi nilai pada pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa di MAN 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. (3) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendekatan klarifikasi nilai pada pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa di MAN 01 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi analisis dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas antara lain, perpanjangan pengamatan, triangulasi dan member check. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi pendekatan klarifikasi nilai pada pembelajaran akidah akhlak setelah dianalisis telah sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di MAN 1 Kudus dengan memanfaatkan sarana prasarana yang disediakan serta langkah-langkahnya sesuai yang ada di RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kemampuan afektif siswa kelas X di MAN 1 Kudus tahun pelajaran 2016/2017 secara umum baik dan siswa mampu menyesuaikan dan menerima nilai-nilai yang ada di MAN 1 Kudus dengan diterapkannya pendekatan klarifikasi nilai dalam pembelajaran akidah akhlak (2) Berdasarkan hasil penelitian adalah efektif. Hal ini dapat dibuktikan setelah guru menggunakan pendekatan klarifikasi nilai pada pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa kelas X di MAN 1 Kudus dapat dilihat dari berkembangnya kemampuan afektif siswa meliputi sikap, minat, konsep diri, nilai dan moral siswa. (3) faktor pendukung implementasi pendekatan klarifikasi nilai pada pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kemampuan afektif siswa di MAN 1 Kudus diantaranya yaitu: alat pembelajaran, guru/pendidik, orang tua, kepala sekolah, dan sarana prasarana. Sedangkan untuk faktor penghambatnya ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu meliputi: minat siswa, kurangnya motivasi dan perhatian siswa, karakter siswa yang berbeda-beda. Sedangkan faktor eksternal (dari luar) yaitu meliputi: jam mengajar yang kurang efektif, lingkungan belajar siswa, dan pengaruh teman sejawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Klarifikasi Nilai; Pembelajaran Akidah Akhlak; Kemampuan Afektif Siswa
Subjects: Sosial > Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2019 01:52
Last Modified: 27 May 2019 01:52
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item