STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COPING SKILL PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FARIKH, VINA NAILUL (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COPING SKILL PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (888kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (974kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (909kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (889kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (777kB)

Abstract

Banyak terjadi di Madrasah pada umumnya bahwa guru mengajar hanya dengan ceramah, tanya jawab dan itupun tanpa didukung dengan media yang nenarik perhatian siswa, terutama pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Guru terlalu sering menggunakan strategi pembelajaran yang monoton tanpa ada media pembantu. Tak jarang hal ini membuat siswa menjadi merasa kesulitan dalam memahami dan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga siswa menjadi pasif di dalam kelas dan bahkan ada juga yang membuat tidakan-tindakan kurang disiplin di dalam kelas. Salah satu usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah dengan menggunakan strategi yang bervariasi. Pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus, guru menggunakan strategi coping skill untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, yaitu dengan membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan nyaman bagi siswa sehingga siswa mampu mengikuti peajaran dan dengan mudah memahami dan mempelajari materi pembelajaran yang sedang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana pelaksanaan Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa menggunakan Coping Skill pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus?; (2) Apa saja hambatan-hambatan pelaksanaan Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa menggunakan Coping Skill pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus?; (3) Bagaimana solusi dari hambatan pelaksanaan Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa menggunakan Coping Skill pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi di lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengam cara menggunakan teknik induktif, yaitu metode yang pembahasannya dimulai dari kaidah-kaidah yang bersifat khusus agar diperoleh kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menyimpulkaan: Pertama, pelaksanaan strategi coping skill pada mata pelajaran SKI diawali dengan perencanaan pembelajaran, evaluasi mencakup 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Kedua, hambatan yang dialami dalam pelaksanaan strategi ini ada kalanya hambatan yang bersifat individu dari siswa yaitu siswa kurang fokus dalam pembelajaran ada pula yang bersifat kelompok dimana salah satunya adalah ketika siswa diminta untuk maju kedepan meras minder. Ketiga, solusi dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru mendekati siswa yang kurang fokus dan merasa minder untuk maju dengan memberikan pertanyaan secara spontan dan memberikan motivasi kepada siswa untuk percaya diri dalam berinteraksi pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Coping Skill; Kesulitan belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2019 02:41
Last Modified: 17 Jun 2019 02:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item