IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS AGAMA UNTUK MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH NU TASYWIKUTH THULLAB SALAFIYYAH (TBS) KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HIDAYAT, AMIN (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS AGAMA UNTUK MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MADRASAH ALIYAH NU TASYWIKUTH THULLAB SALAFIYYAH (TBS) KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (22MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)

Abstract

Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan akan sangat ditentukan oleh kurikulum yang telah diterapkan disebuah lembaga pendidikan. MA NU TBS Kudus adalah salah satu Madrasah yang memiliki kekhususan dalam hal muatan lokal berbasis agama. Peneliti tertarik untuk melakukan observasi dengan judul Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Agama Untuk Mencapai Standar Kompetensi Lulusan di Madrasah Aliyah NU TBS. Ketertarikan peneliti dikarenakan untuk mencapai standar kompetensi lulusan di MA NU TBS Kudus ini berbeda dengan MA pada umumnya. Ada criteria khusus yang harus dikuasai siswa dalam mencapai syarat kelulusan satuan pendidikan. Hal itu dilakukan dengan menggunakan standar kurikulum khusus untuk mata pelajaran muatan lokal agama yang ada di MA NU TBS Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal di Madrasah Aliyah TBS Kudus, (2) standar Kompetensi Lulusan Muatan Lokal Agama, (3) pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Agama untuk mencapai Kompetensi Lulusan di Madrasah Aliyah TBS Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini terdiri dari Kelapa Madrasah, Wakil Kepala Sekolah, 7 Guru muatan lokal agama dan 24 siswa kelas XII. Adapun kurikulum berbasis agama terdiri dari Imla’, Insya’, Muthala’ah, Mahfudhot, Nahwu, Sharaf, Tamrin Lughatul Arabiyah, Balaghah, Al-Qur’an, Tajwid, Tafsir, Ilmu Tafsir, Hadits, Fiqih, Ushul Fiqh, Ilmu Musthalahul Hadits, Aqo’id, Ilmu Fara’id, Ilmu Manthiq, Tarikh Tasyri’ Islam, Ta’limul Muta’alim, Bidayatul Hidayah, Nashaihul Ibad, Khot, Tarbiyatul Alamiyah, Tarbiyatul Amaliyah, Ilmu Nafs. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum muatan lokal berbasis agama dalam mencapai standar kompetensi lulusan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasinya di MA NU TBS Kudus dapat berjalan sesuai target yang menjadi program di Madrasah tersebut dengan bukti (1) pelaksanaan pembelajaran kurikulum muatan lokal berbasis agama dapat terlaksana sesuai dengan harapan, (2) tercapainya standar kompetensi dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menyerap materi sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang disampaikan baik berupa teori maupun praktik lapangan, (3) pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis agama sudah berjalan sejak Madrasah tersebut berdiri hingga sekarang. Pelaksanaan pembelajaran melalui melalui metode khusus, yaitu Bandongan, Sorogan dan Klasikal dan evaluasi pembelajaran, yaitu tes tertulis dan tes lisan.Kemampuan siswa dalam dalam menyerap ilmu muatan lokal agama diatas sebagai nukti prosesbelajarmengajardi Madrasah Aliyah NU TBS Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum; Muatan Lokal berbasis agama; Standar Kompetensi Lulusan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:47
Last Modified: 24 Jun 2019 02:47
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item