Pengaruh Metode Seminar Socrates terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati Tahun Pelajaran 2017/2018

Saputri, Riska Ipung (2018) Pengaruh Metode Seminar Socrates terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (725kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (779kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dikembangkan. Hal itu dapat dilakukan dengan menerapkan metode seminar socrates dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui adanya penerapan metode seminar socrates terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Tarbiyatul Banin, (2) Mengetahui adanya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Tarbiyatul Banin, (3) Mengetahui adanya pengaruh penerapan metode seminar socrates terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Tarbiyatul Banin. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Tarbiyatul Banin yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yakni banyak dituntut menggunakan angka dalam menafsirkan data. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VIII yang berjumlah 80 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yakni semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode seminar socrates dalam kategori cukup yaitu sebesar 80,5625 yang termasuk dalam interval (71-81). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs MTs Tarbiyatul Banin dalam kategori cukup yaitu sebesar 15,287 yang termasuk dalam interval (12-15). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode seminar socrates terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Tarbiyatul Banin, dengan persamaan regresi Ŷ = 3,839 + 0,142X. 3) Metode seminar socrates terdapat hubungan yang signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,650 termasuk dalam kategori kuat. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 42,3%, artinya metode seminar socrates memberikan konstribusi sebesar 42,3% kemampuan berpikir kreatif di MTs Tarbiyatul Banin. Bagi peneliti selanjutnya apabila tertarik pada fokus yang sama, hendaknya dapat mengembangkan metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Seminar Socrates; Berpikir kreatif
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:00
Last Modified: 26 Jun 2019 03:00
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item