KAJIAN SOSIOLOGIS KUALITAS PELAYANAN LEMBAGA AMAL ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) CABANG KUDUS

ZAHROTUL JANNAH, DIYAH AYU (2018) KAJIAN SOSIOLOGIS KUALITAS PELAYANAN LEMBAGA AMAL ZAKAT, INFAQ, DAN SHODAQOH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) CABANG KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (235kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (227kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan LAZISNU Cabang Kudus kepada muzakki maupun mustahik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informan secara langsung dengan mendatangi responden. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa muzakki dan mustahik sudah merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak LAZISNU Cabang Kudus. Hal ini terbukti dari hasil wawancara dengan yang diperoleh penulis dari beberapa informan. Dari lima aspek pelayanan yang diberikan tersebut muzakki dan mustahik sudah menyatakan puas terhadap tiga aspek dari lima aspek yang diberikan oleh LAZISNU Cabang Kudus. Tiga aspek yang sudah memberikan kepuasan meliputi kehandalan (relibility), empati (empathy), dan jaminan dan kepastian (assurance). Sedangkan aspek pelayanan yang belum bisa memberikan kepuasan yaitu aspek bukti fisik (tangibel), dan aspek daya tanggap (responsiviness).Adapun faktor pendukung dari dalam dan dari luar: 1. Faktor dari dalam yaitu Lazisnu sudah resmi menjadi LAZNAS, memiliki program kerja yang berkualitas, karyawan yang ramah, 2. Faktor dari luar yaitu muzakki percaya dengan program LAZISNU dan dilibatkan dalam setiap event LAZISNU dan penghambat dari dalam dan luar: 1. Faktor dari dalam yaitu sarana prasarana kurang memadai, kurangnya jumlah pegawai, kurangnya pengetahuan karyawan dalam memberikan pelayanan, 2. Faktor dari luar yaitu adanya sebagian masyarakat yang belum tahu apa itu Lazisnu dan kurangnya berkomunikasi dengan masyarakat. Kajian Sosiologis dalam penelitian kualitas pelayanan LAZISNU Cabang Kudus termasuk tindakan sosial tipe rasional instrumental yang memiliki ciri kesadaran atau logika dan rasional berbasis nilai yang memiliki ciri berbasis nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kajian Sosiologis
Subjects: Fiqih
Fiqih > Mu`alamat
Fiqih > Aspek fiqih lainnya
Sosial dan Budaya Islam
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Zakat Wakaf
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:06
Last Modified: 03 Jul 2019 02:06
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/2730

Actions (login required)

View Item View Item