ANALISIS KESESUAIAN PENENTUAN METODE DENGAN KARAKTERISTIK MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENGANTISIPASI DISTEACHIA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs. MANAHIJUL HUDA NGAGEL DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2016-2017

ISLAMIYAH, ZIYADATUL (2016) ANALISIS KESESUAIAN PENENTUAN METODE DENGAN KARAKTERISTIK MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENGANTISIPASI DISTEACHIA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs. MANAHIJUL HUDA NGAGEL DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, stain kudus.

[img] Text
file 1. cover, nota dll.pdf

Download (3MB)
[img] Text
file 2 abstrak pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 3 daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 4 bab 1 pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 5 bab 2 pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 6 bab 3 pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 7 bab 4 pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 8 bab 5 pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 9 daftar pustaka dpf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu variabel terpenting dalam pembelajaran adalah ketepatan metode pembelajaran. Akan tetapi seringkali dijumpai guru dalam mengajar kurang memperhatikan penentuan metode dengan karakteristik materi pembelajaran. Bahan pelajaran/materi pembelajaran yang disampaikan tanpa memperhatikan pemakaian metode justru akan mempersulit guru dalam mencapai tujuan pengajaran. Hal semacam ini akan menimbulkan kesalahan-kesalahan mengajar atau sering disebut dengan distechia. Akibat yang dapat ditimbulkan kelas menjadi kurang bergairah dan kondisi peserta didik cenderung kurang kreatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka guru harus memperhatikan kesesuaian penentuan metode dengan karakteristik materi pembelajaran untuk mengantisipasi distechia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, peserta didik kelas VII dan sumber data sekunder meliputi observasi lokasi penelitian dan kegiatan belajar mengajar di kelas VII serta berupa dokumentasi data dari Madrasah dan buku penunjang lain yang relevan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian ini adalah: Cara guru menentukan metode dengan karakteristik materi pembelajaran untuk mengantisipasi disteachia pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs. Manahijul Huda Ngagel yaitu dengan beberapa cara (1) guru mengetahui karakteristik materi pembelajaran. (2) guru menentukan metode yang sesuai (3) guru menyusun RPP yang berkualitas. Tidak hanya terpaku pada RPP semata, namun pengalaman dan wawasan gurulah faktor terpenting dalam pembelajaran. Jika guru memiliki banyak pengetahuan dan wawasan maka dengan mudah dapat menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik Pelaksanaan kesesuaian penentuan metode dengan karakteristik materi pembelajaran untuk mengantisipasi disteachia pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs. Manahijul Huda Ngagel yaitu sangat memperhatikan penentukan metode dengan karakteristik materi pembelajaran dan bukan merupakan ciri dari kasus disteachia dikarenakan menggunakan prosedur kurikulum 2013 dan dalam pelaksanaannya selalu memakai kombinasi. Baik dalam hal metode maupun sumber belajar yang digunakan. Sedangkan dampak yang terjadi meliputi dampak positif dan negatif. Dampak positif antara lain: (1) Menjadikan guru lebih termotivasi untuk mempelajari Informasi dan Teknologi (IT). (2) Meningkatkan daya kreativitas guru dan peserta didik. (3) Menambah semangat belajar peserta didik. Adapun dampak negatif antara lain: guru lebih terpaku pada pencarian metode yang tepat dan kurang memperhatikan tingkat kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode: Materi Pembelajaran: Disteachia
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 02:49
Last Modified: 04 Feb 2017 02:49
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item