PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 KALINYAMATAN JEPARATAHUN AJARAN 2015/2016

MUSTAQIM, AMIR (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 2 KALINYAMATAN JEPARATAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, stain kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tehnik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti, pertama peneliti melakukan observasi lapangan kemudian melakukan wawancara kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru agama yang bersangkutan, kemudian baru peneliti observasi serta menyebarkan angket kepada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti dilapangan serta hasil dari perhitungan dengan menggunakan rumus prosentase dan product moment dapat disimpulkan: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization adalah baik. Hal ini diketahui dari rata-rata sebesar 74.2 termasuk dalam interval 61–80 dengan kategori baik. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis deskriptif dimana diketahui nilai t hitung sebesar -6,826 yang kurang dari t tabel 1,659 (uji pihak kanan), ternyata t hitung terletak pada penerimaan Ho, dengan demikian hipotesis nihil “Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di SMPN 2 Kalinyamatan Jepara tahun ajaran 2015/2016 adalah baik” diterima. (2) Kemandirian belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI adalah baik. Hal ini diketahui dari rata-rata 69.5 masuk dalam interval 58–76 dengan kategori baik. Hal ini diperkuat dengan uji hipotesis deskriptif dimana diketahui nilai t hitung sebesar -7,476 yang kurangdari t tabel 1,659 (uji pihak kanan), ternyata t hitung terletak pada penerimaan Ho, dengan demikian hipotesis nihil “Kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization di SMPN 2 Kalinyamatan Jepara tahun ajaran 2015/2016 tahun ajaran 2015/2016 adalah baik” diterima. (3) Pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini dibuktikan dari koefisien regresi 0,581 dengan t hitung (7,116) yang lebih dari t tabel (1,983), dengan besaran pengaruh sebesar 32,3%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization: kemandirian belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:35
Last Modified: 04 Feb 2017 03:35
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item