DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA TINGKAT MTS DI INDONESIA.(KAJIAN ANALISIS DALIL SIFAT-SIFAT WAJIB ALLAH SWT PADA KURIKULUM CBSA, KBK DAN KTSP

HIDAYAH, NUR (2016) DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA TINGKAT MTS DI INDONESIA.(KAJIAN ANALISIS DALIL SIFAT-SIFAT WAJIB ALLAH SWT PADA KURIKULUM CBSA, KBK DAN KTSP. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER NEW.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui desain Pengembangan Kurikulum Akidah Akhlak dalam materi dalil sifat-sifat wajib Allah SWT pada kurikulum CBSA, KBK dan KTSP selain itu untuk mengetahui seberapa banyak dalil seharusnya ada untuk memberikan penjelasan tentang sifat-sifat Allah SWT dari Al Qur’an, juga untuk memberikan masukan pada pemahaman dalil untuk dicerna sebagai perwujudan karakter Islam yang kuat bagi anak. Untuk menggali hal itu peneliti menggunakan metode penelitian jenis library research dengan pendekatan deskriptif conten analisis-filosofis dengan sumber datanya diambil dari data primer dan sekunder, adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik dokumentasi. Untuk instrumen penelitian, peneliti sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data dan pelapor hasil penelitian. Uji keabsahan datanya dengan pengecekan data melalui ketekunan dalam pengamatan. Untuk analisis datanya dengan deskriptif analisis, content analisis, (filosofis) hermeneutika analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya ketimpangan jumlah ayat tentang dalil sifat-sifat wajib Allah SWT baik pada kurikulum CBSA, KBK dan KTSP yang amat jauh dengan jumlah ayat tentang dalil sifat- sifat Allah SWT pada Al Qur’an. Dari sinilah bisa didapat analisis bahwa dalil yang sedikit bisa mengindikasikan adanya pemahaman materi tentang sifat-sifat Allah SWT yang dangkal sehingga berimbas pada prilaku yang asal-asalan dan cenderung negatif. Oleh karena itu perlu dimaksimalkan dalam pemberian ayat- ayat Al Qur’an sebagai dalil tentang sifat- sifat Allah SWT baik sebagai hidden kurikulum atau dengan penambahan jam, atau juga diangkat langsung dalam kurikulum, sehingga karakter Islamnya benar-benar akan muncul, selain itu penjelasan tentang materi sifat-sifat Allah SWT, dengan pendekatan filsafat hermeneutik seperti pemikiran Hasan Hanafi dengan teologi antroposentrisnya dirasa sangat perlu untuk memberikan pemahaman baru bagi anak dalam pembentukan karakter Islami yang positif, kreatif, inovatif, dan progresif demi kehidupan dirinya, keluarga, masyarakat, bahkan lingkungan alamnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain kurikulm; Akidah akhlak; Karakter bangsa
Subjects: Agama
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pasca Sarjana > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 03:52
Last Modified: 04 Feb 2017 03:52
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/338

Actions (login required)

View Item View Item