IMPLEMENTASI STRATEGI INFORMATION SEARCHTERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MANBA’UL FALAH DAWE KUDUS PADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FAIS, SHOLICHUL (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI INFORMATION SEARCHTERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK MANBA’UL FALAH DAWE KUDUS PADA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, stain kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (12MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah strategi information search dimana siswa dituntut aktif dalam pencarian informasi sehingga mereka menemukan sendiri apa yang mereka pelajari dari berbagai media dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui penerapan strategi information search. 2) Untuk mengetahui tujuan penerapan strategi pembelajaran information search. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran information search pada mata pelajaran PAI di SMK Manba’ul Falah Dawe Kudus pada tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi information search pada mata pelajaran PAI di SMK Manba’ul Falah Dawe Kudus pada tahun 2015/2016, menurut peneliti dikategorikan efektif, hal ini dibuktikan dengan pernyataan Guru pengampu mata pelajaran PAI bahwa telah dilaksanakannya keseluruhan langkah-langkah strategi information search. Guru memberikan keleluasaan pada siswa untuk mencari informasi berkaitan dengan kompetisi dalam kebaikan sesuai ayat Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 148 menggunakan berbagai sumber. 2) Peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran information search pada mata pelajaran PAI di SMK Manba’ul Falah Dawe Kudus pada tahun 2015/2016, menurut peneliti telah meningkat secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan guru pengampu mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) yang menyatakan bahwa para siswa mampu menerapkan hasil belajar di sekolah khususnya pada materi berlomba-lomba dalam kebaikan, hal tersebut terlihat dari nilai akademik siswa yang meningkat. 3) Implementasi strategi information search terhadap peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran PAI, menurut peneliti telah berjalan dengan efektif. Hal ini dibuktikan dengan penerapan strategi information search dengan keleluasaan pada siswa untuk mencari informasi menggunakan berbagai sumber. Peningkatan prestasi siswa juga dapat dilihat dengan nilai rata–rata siswa kelas XI teknik komputer dan jaringan SMK Manba’ul Falah Dawe Kudus Tahun Ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran PAI sebelum penerapan strategi information search sebesar 75,5 dan meningkat menjadi 87,7 dan mencapai di atas rata-rata KKM 7,50 serta dapat di lihat dari perilaku kesehariannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Information Search
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:18
Last Modified: 04 Feb 2017 04:18
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item