UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MA NURUL ULUM WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ANAS, SAEFUL (2016) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MA NURUL ULUM WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV..pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Motivasi Beajar Peserta Didik Kelas XI MA Nurul Ulum Welahan Jepara.; 2) Upaya Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Peserta Didik Kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara.; 3) Hambatan Atau Kendala Guru Bimbingan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara terhadap instansi terkait yaitu MA NurulUlumWelahanJepara, mengenaiupaya guru bimbingankonseling Islam dalammeningkatkanmotivasibelajar, kemudian observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni MA Nurul Ulum Welahan Jepara, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru BK, guru wali kelas, WaKa kesiswaan, guru mata pelajaran dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan suasana proses bimbingan konseling di kelas XI, dan Upaya guru bimbingankonseling Islam dalammeningkatkanmotivasibelajar. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1). Motivasi belajar peserta didik di MA Nurul Ulum Jepara pada dasarnya sudah baik. Dapat dilihat dari keaktifan dikelas, semisal telah adanya sebagian besar peserta didik yang sering bertanya saat materi disampaikan oleh guru, telah adanya saling tukar menukar pendapat. Khususnya ketika guru BK menyelenggarakan bimbingan kelompok dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Walaupun masih ada pelanggaran yang dilakukan sebagian peserta didik yang sengaja melanggar tata tertib dan menurut catatan buku pribadi BK hanya sedikit siswa yang sering keluar-masuk ruang BK atau melanggar tata tertib.2). Upaya guru bimbingan konseling Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik MA Nurul Ulum Welahan Jepara, berdasarkan hasil penelitian adalah menggunakan dua metode yaitu layanan kelompok dan layanan individu. Adapun kegunaan dari bimbingan kelompok ialah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sedangkan bimbingan individu untuk mencegah perilaku negatif peserta didik. Selain itu mengadakan koordinasi antara guru-guru agar motivasi belajar peserta didik dapat meningkat. 3). Seperti halnya dalam melakukan proses kegiatan, upaya guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik tidak luput dari kendala, tetapi guru bimbingan dan konseling Islam selalu berusahan untuk meminimalisir kendall tersebut menjadi suatu dukungan untuk meberikan layanan bimbingan dan konseling yang mengena dihati peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BKI; Motivasi Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:41
Last Modified: 04 Feb 2017 04:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item