PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NU AL-FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017

Nafisah, Wahdah Ulin (2016) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NU AL-FALAH TANJUNGREJO JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (975kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (429kB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (590kB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (851kB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (580kB)
[img] Text
7. Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (465kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (497kB)

Abstract

Belajar akan berhasil secara optimal dilakukan dengan penuh kemandirian. Kemandirian merupakan bentuk sikap terhadap objek dimana individu memiliki independensi yang tidak terpengaruh oleh orang lain. Kemandirian dapat juga disebut kebergantungan seseorang kepada diri sendiri (self depending), bukan bergantung pada orang lain (depending other) di dalam berfikir dan bertindak. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian adalah pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua yang dimaksud bukan hanya orang tua mangasuh anaknya melainkan juga bagaimana orang tua mendidik, membimbing anaknya. Dalam hal membimbing anak, orang tua tidak hanya memberikan bimbingan secara umum tetapi lebih tepatnya dengan pendekatan- pendekatan psikologis. Untuk meningkatkan kemandirian maka lebih tepatnya jika bimbingan orang tua tersebut di terapkan dengan pendekatan humanistik. Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Orang Tua dengan Pendekatan Humanistik terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang di sebarkan kepada responden sebanyak 70 siswa. Adapun lokasi penelitian di lakukan di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan orang tua dengan pendekatan humanistik peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori sangat baik karena memiliki nilai mean sebesar 83,0 yang termasuk dalam interval 79-96. Sedangkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 adalah tergolong kategori sangat baik karena memiliki nilai mean sebesar 82 yang termasuk dalam interval 82-100. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Bimbingan Orang Tua dengan Pendekatan Humanistik terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menggunakan analisis regresi, dari hasil analisis di peroleh hasil R Square sebesar 0,332 (33,2%). Hal ini mengindikasikan bahwa variabel Bimbingan Orang Tua dengan Pendekatan Humanistik memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadap variabel kemandirian belajar, sedangkan sisanya sebesar 66,8% dipengaruhi oleh banyak faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang Tua dengan Pendekatan Humanistik; Kemandirian Belajar
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Dakwah dan Komunikasi > Prodi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Feb 2017 05:07
Last Modified: 04 Feb 2017 05:07
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item